Tips pintar untuk meningkatkan konsentrasi belajar pada anak!

Konsentrasi belajar anak merupakan hal yang paling penting ketika seorang anak sedang dalam proses pembelajaran. Konsentrasi belajar merupakan kegiatan dimana seorang anak dapat memfokuskan perhatian dan pikirannya pada situasi belajar yang sedang dilakukan, sehingga ia dianggap sebagai anak yang tekun dalam belajar. Jika seorang anak memiliki konsentrasi belajar yang baik, maka akan tersebut akan mudah dalam memahami materi pembelajaran.

Agar konsentrasi belajar anak tetap terjaga, ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh para orangtua, yaitu:
tips untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak
Sumber Gambar: awomensclub.com

Perhatikan waktu istirahat yang cukup bagi anak
Jika tubuh anak sudah merasa lelah, jangan sampai dipaksakan untuk terus beraktivitas atau terus belajar. Aktivitas yang dilakukan anak secara terus menerus dapat menurunkan daya konsentrasinya, karena tubuhnya dipaksa untuk terus bekerja. Biasakan untuk mengajak anak tidur siang sepulang sekolah walau 1-2 jam saja, kemudian atur waktu tidur malam anak jangan sampai anak tidur terlalu larut malam. Anak yang tidur terlalu larut di malam hari, maka akan memperngaruhi konsentrasi belajar anak keesokan harinya.

Ajarkan anak untuk olahraga teratur
Tips ini sebenarnya bukan hanya untuk seorang anak saja, tetapi bagi yang sudah dewasa pun olahraga memang sangat diperlukan. Olahraga yang menyenangkan bagi anak dapat membantu kinerja otaknya, karena ketika seorang anak melakukan aktivitas fisik, darah akan dipompa dan dikirim ke otak sehingga otak anak tidak akan mudah lelah dan dapat meningkatkan konsentrasi belajar.

Mengontrol pola makan sehat anak
Mengontrol pola makan sehat pada anak sangat mempengaruhi daya tahan tubuh anak. Jika anak mengkonsumsi kadar gula terlalu banyak dapat menyebabkan sistem tubuh mudah terganggu, misalnya mudah ngantuk dan lesu. Untuk menunjang kecerdasan otak anak berikan makanan dengan nutrisi yang baik dan seimbang, kurangi makanan berlemak dan perbanyak makanan yang mengandung protein tanpa lemak seperti telur.

Protein yang tinggi dapat meningkatkan fungsi otak dopamin, sehingga dapat mempengaruhi tingkat konsentrasi anak menjadi lebih mudah. Tapi ingat, harus seimbang dengan nutrisi yang lain juga yaa!
Untuk menghindari jajanan yang kurang bernutrisi bagi anak, anda perlu memberikan bekal makanan ketika anak pergi ke sekolah, agar makanan yang ia makan dapat terjaga.

Batasi waktu untuk menonton televisi
Segala sesuatu yang berlebihan memanglah tidak baik, terutama waktu yang dihabiskan untuk menonton televisi ataupun bermain game di gadget. Nah, sebagai orangtua sangat perlu untuk membatasi waktu menonton atau bermain gadget pada anak.

Terlalu banyak menonton tv maupaun bermain gadget tidak hanya mempengaruhi konsentrasi belajar anak, tetapi banyak dampak lainnya seperti anak menjadi kurang bersosialisasi dengan teman-temannya, anak cenderung menjadi tidak peduli terhadap lingkungannya serta mengurangi aktivitas fisik yang dapat membantu meningkatkan konsentrasi belajarnya. Maka dari itu, sangat perlu untuk mengatur anak dalam melakukan aktivitasnya, terutama aktivitas yang dapat mempengaruhi konsentrasi belajar anak.

Berikan pujian dan penghargaan
Pujian dan penghargaan yang diberikan pada anak dapat memotivasi semangat belajar anak, dengan demikian jika anak sudah memiliki motivasi belajar yang baik maka konsentrasi belajarnya pun akan meningkat. Memberikan pujian dan penghargaan tidak perlu dengan memberikan barang atau benda, cukup dengan kata-kata semangat dan kata-kata pujian serta ekspresi wajah yang dapat membuatnya merasa dihargai sehingga ia akan semakin semangat untuk belajar.


Nah, itulah beberapa tips pintar untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak. Semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Tips pintar untuk meningkatkan konsentrasi belajar pada anak!"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top