8 Hal yang Wajib dilakukan Mahasiswa baru di Semester Pertama

Bagi mahasiswa baru, semester pertama merupakan langkah awal dari perjuanganmu dalam masa perkuliahan. Suatu hal yang sering kamu lakukan di semester pertama akan berdampak pada masa perkuliahanmu empat tahun kedepan. Maka dari itu, ciamik akan berbagi informasi mengenai hal-hal apa saja sih yang perlu dilakukan untuk kamu yang baru memasuki kuliah semester pertama?

1. Kenali dirimu lebih dalam lagi
Di semester pertama ini waktunya kamu menggali lebih dalam lagi makhluk apa sebenarnya kamu ini. Temukan jati dirimu yang sesungguhnya, kenali passion, kelebihan dan kekuranganmu. Selain itu kamu juga perlu mengetahui apa sebenarnya tujuan hidupmu. Jika kamu tidak bisa mengendalikan diri sendiri, sepertinya akan terasa sulit untuk sukses dalam perjuanganmu.

Kamu bisa mengikuti tes psikolog online gratis yang terdapat di internet untuk mengetahui pribadimu lebih dalam lagi, atau kamu bisa berkonsultasi dengan ahli psikologi yang ada di kampusmu. Biasanya di kampus terdapat badan konsultasi mahasiswa yang siap sedia untuk mendengarkan keluh kesah curhatanmu.
Hal yang harus dilakukan mahasiswa semester pertama
Sumber Gambar: himailta.blogspot.com


2. Rajin masuk kelas
Terlihat sederhana memang, namun hal ini cukup menjadi masalah bagi sebagian mahasiswa. Pada saat masuk masa perkuliahan, kamu sudah bebas dengan gaya belajarmu tanpa harus diawasi oleh orangtuamu. Imanmu akan tergoda untuk bolos dan tidak masuk kelas, mungkin pada perkuliahan tertentu. Kalau di semester awal saja sudah bolos, apalagi kedepannya?

Mulai saat ini jangan  biasakan bolos masuk kelas yaaa!

3. Bergabung dengan organisasi mahasiswa/komunitas
Tahun pertama perkuliahan merupakan momentum untuk kamu lebih mengeksplorasi dirimu. Banyak organisasi kampus atau komunitas yang mulai open recruitment anggota baru, ya tentu saja tujuannya untuk merangkul mahasiswa baru agar dapat mengikuti organisasi tersebut.

Ikutilah organisasi/komunitas yang menurutmu cocok dengan passionmu, atau kalau kamu ingin coba-coba juga boleh, lumayan kan dapat pengalaman lebih. Jangan sampai kamu menyesal karena tidak bisa memanfaatkan waktu pendaftaran, jangan sampai juga jadi mahasiswa kupu-kupu yaaa! Alias kuliah-pulang kuliah-pulang hehe

4. Petakan orang-orang di lingkungan sekitarmu
Sebagai mahasiswa baru, sebaiknya kamu memetakan orang-orang yang ada disekitarmu, jangan sampai kamu slah pilih pergaulan ya! Meskipun ada pepatah orangtua mengatakan boleh bergaul dengan siapa saja asalkan tidak ikut-ikutan masuk ke dalam hal negatif, tetapi tetap saja lingkungan pergaulan itu akan mempengaruhi kepribadianmu. So, kamu perlu untuk memilih teman pergaulan yang dapat membawamu ke arah yang lebih baik.

Selain itu, kamu juga perlu mengenal watak dosen-dosenmu, mana dosen yang killer, dan mana dosen yang santai. Kamu harus bisa memilih jaringan mana yang terbaik untuk kamu prioritaskan.

5. Perluas jaringanmu
Mumpung kamu masih anak semester pertama, kamu harus sering-sering PDKT ke dosen, senior, staf kemahasiswaan, BEM kampus, atau mungkin anak pers yang ada di kampusmu. Mereka adalah orang-orang yang memiliki prospektif bermanfaat jika kamu bisa kenal dan akrab dengan mereka. Jangan sampai kamu menyesal setelah kamu tingkat akhir dan tidak memiliki jaringan yang luas di kampusmu.

6. Mulai cari mentor
Pasti ada saja satu dari sekian banyak orang yang kamu kira bisa menjadi role model bagimu, sosok inspiratif dan penuh pengalaman yang bisa memberikan arahan dan nasehat padamu. Orang ini bisa saja dosen, senior, pejabat, kenalan organisasi, atau bahkan teman seangkatan dan sekelas denganmu. Kamu akan bertemu dengan orang hebat besok. Jadikanlah mereka mentor agar kamu tidak tersesat dalam mengejar kesuksesanmu! Keep humble and learn from them!

7. Mulai membuat rencana jangka panjang
Meskipun kamu masih semester pertama, tapi kamu juga perlu memiliki tujuan atau target untuk kedepannya. Setelah kamu lulus kamu mau ngapain? Yaps, kalau dipikir-pikir sih pasti masih kebingungan, tapi kamu harus tau apa tujuan hidupmu kedepannya. Ini bisa jadi standing point untuk kesuksesanmu loh. Mulailah mencari tahu info-info terkait kampus atau perusahaan yang akan menjadi tujuanmu ketika kamu lulus esok.

8. Maksimalkan media sosial untuk update info
Daripada kamu mengikuti akun-akun gossip atau berita yang tidak ada kaitannya dengan masa depanmu, mending kamu ikuti akun-akun yang memuat informasi yang penting untuk kesuksesanmu. Mulailah follow akun yang membagikan informasi tentang info kampus, beasiswa, exchange, dll. Jangan sampai kamu telat mendapatkan informasi penting, dan akhirnya menjadi alasan dalam kegagalanmu.

Gimana? Banyak juga ya yang harus kamu lakukan di semester pertama perkuliahan? But, keep enjoy and fighting guys!

Semoga bermanfaat. 
0 Komentar untuk "8 Hal yang Wajib dilakukan Mahasiswa baru di Semester Pertama"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top