Waspadai Bahaya Vetsin Bagi Kesehatan Jangka Panjang!

Vetsin atau yang sering kita sebut MSG (Asam Amino Monosodium Glutamate) terbuat dari bahan dasar molasses yang berasal dari tetes tebu. Molasses yang berasal dari tetes tebu kemudian mengalami banyak proses diantaranya proses fermentasi dan hidrolisis yang panjang dimana proses tersebut melibatkan zat-zat kimia yang dapat mendukung pembuatan MSG. Sehingga asam amino glutamate tidak lagi alami.

Asam glutamate sejatinya merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh, karena asam glutamate dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk protein dan merangsang saraf pada indera pengecap. Namun karena adanya proses kimia, sehingga asam glutamate (MSG) tidak lagi menjadi bagian penting yang perlu diperoleh tubuh. Bahkan, dengan mengkonsumsi vetsin atau MSG dapat menyebabkan beberapa penyakit yang akan dialami dalam jangka panjang, diantaranya;
bahaya vetsin bagi kesehatan jangka panjang
Sumber Gambar: sidomi.com

1. Leher Kaku dan Pusing
Jika penyerapan vitamin B6 dalam tubuh terhambat, maka bisa menyebabkan  leher kaku, pusing, mulut kering, dan ruam di wajah. Hal tersebut salah satunya diakibatkan karena kita sering mengkonsumsi vetsin atau MSG secara terus-menerus yang dapat membentuk alanin. Alanin tersebutlah yang dapat menghambat penyerapan vitamin B6 di dalam tubuh. Untuk mengatasinya, kurangilah mengkonsumsi vetsin atau MSG dan banyak meminum air putih.

2. Efek Terhadap Jantung
Dampak lain akibat mengkonsumsi vetsin adalah efek terhadap organ jantung. Detak jantung dapat berdetak tidak teratur (Aritmia), dapat berdetak terlalu cepat (fibrilasi atrium), detak jantung dapat lebih dari 100 kali per menit (tachycardia), atau mungkin jantung dapat berdetak lebih lambat. Gejala tersebut dapat disertai dengan perasaan was-was dan cemas. Jika anda tidak ingin itu terjadi, jangan sampai mengkonsumsi vetsin melebihi 5 gram setiap harinya pada satu menu masakan yang dikonsumsi.

3. Kanker
bahaya MSG bagi kesehatan tubuh
Sumber Gambar: penyakitkanker.org
Pembuatan vetsin atau MSG dilakukan dengan pemanasan pada suhu yang sangat tinggi dan sangat lama sehingga dapat membentuk kristal-kristal seperti vetsin yang sering kita lihat. Vetsin atau MSG yang mengalami pemanasan akan membentuk pirolisis yang bersifat karsionogenik (mengendap dan merusak pada organ tubuh, terutama paru-paru) senyawa karsinogenik ini dapat memicu terjadinya kanker karena senyawa karsinogenik dapat membuat organ tubuh atau paru-paru menjadi berlubang sehingga menyebabkan kanker.

4. Kerusakan Sistem Syaraf
Mengkonsumsi vetsin atau MSG dalam jangka panjang dapat mengakibatkan kerusakan sistem syaraf seperti insomnia, depresi, dan juga disorientasi.  Seperti yang diketahui bahwa proses pembuatan MSG melibatkan zat-zat kimia yang lain, salah satunya adalah excitotoxin (molekul beracun yang dapat merangsang sel-sel syaraf yang banyak hingga menimbulkan kerusakan). Dengan demikian, jika kita mengkonsumsi vetsin dalam jangka panjang akan mengakibatkan kerusakan sistem syaraf seperti Alzheimer, autism, dan parkison (penyakit motorik).

5. Mengganggu Tekanan Darah
Zat excitotoxin yang terkandung dalam vetsin juga dapat mengganggu tekanan darah dalam tubuh. Zat excitotoxin dapat menyumbat arteri (aliran darah) secara bertahap yang nantinya akan menyebabkan gangguan pada tekanan darah. Bagi orang yang mudah naik darah atau emmiliki emosi tinggi, kondisi ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan hipertensi, tubuh limbung, stroke ringan hingga kesulitan bernafas.

6. Efek Terhadap Kulit
Selain beberapa penyakit yang diakibatkan oleh mengkonsumsi vetsin dalam jangka panjang di atas, ternyata vetsin juga dapat berefek terhadap gangguan pada kulit seperti gatal-gatal, sariawan, dan kehilangan sensitivitas pada kulit.


Itulah beberapa bahaya mengkonsumsi vetsin dalam jangka panjang. Jika anda ingin masakan terasa sedap namun juga sehat, anda dapat menambahkan bumbu rempah-rempah yang alami. Adapun jika anda ingin menggunakan vetsin, gunakan sewajarnya. Alangkah lebih baiknya jika tidak mengkonsumsi vetsin setiap hari. Terimakasih, semoga bermanfaat. 
Tag : Kesehatan
1 Komentar untuk "Waspadai Bahaya Vetsin Bagi Kesehatan Jangka Panjang!"

dari dulu saya udah jarang make vetsin lagi kalau masak, lebih suka make garam aja sih

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top