Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran dalam Kegiatan Belajar Mengajar

Kegiatan belajar mengajar di sekolah merupakan tombak generasi bangsa yang cerdas. Dalam proses kegiatan belajar mengajar, tentulah peran guru sangat penting dan sangat dibutuhkan. Untuk itu seorang guru perlu memahami dan mengetahui hal-hal apa saja yang berkaitan dalam proses pembelajaran. Salah satunya yaitu mengenai media pembelajaran. Seberapa penting media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah? Pada kesempatan kali ini ciamik.info akan mengulas hal tersebut.

Keterbatasan kemampuan para siswa untuk menangkap sebuah pembelajaran menjadi salah satu alasan dalam pengimplementasian sebuah media pembelajaran.  Maka dari itu, media pembelajaran berperan penting dalam proses pembelajaran siswa agar siswa dapat dengan mudah memahami pesan yang disampaikan oleh seorang guru. Selain itu media pembelajaran juga berfungsi sebagai:
Pentingnya media pembelajaran
Sumber Gambar: ilmu-pendidikan.net

1. Mengarahkan perhatian siswa agar siswa berkontenstrasi terhadap materi ajar yang disampaikan oleh guru dengan menggunakan media visual . Seringkali seorang siswa bosan dengan gaya belajar yang konvensional, maka dari itu peranan media pembelajaran dapat membantu konsentrasi siswa dalam belajar karena media pembelajaran yang bersifat visual dapat memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu verbalistis.

2. Seperti yang telah disampaikan di atas, media pembelajaran juga berperan penting dalam aspek kognitif siswa. Media pembelajaran yang bersifat visual dapat menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar kemudian dapat mempermudah siswa untuk memahami materi pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

3. Media pembelajaran dapat meningkatkan kenikmatan siswa dalam belajar atau membaca teks yang bergambar. Dengan menggunakan media pembelajaran visual dapat menggugah emosi siswa dalam mengaplikasikan pesan yang disampaikan oleh guru.

4. Memberikan variasi dalam proses pembelajaran siswa sehingga siswa dapat lebih segar dan semangat dalam mengikuti pembelajaran.

5. Pembelajaran yang dilakukan siswa agar lebih bermakna, sehingga kembali pada poin kedua bahwa dengan menggunakan media pembelajaran siswa akan lebih mudah memahami informasi yang disampaikan.

6. Memberikan umpan balik yang diperlukan dapat membantu siswa mengetahui hal apa saja dan berapa banyak hal yang telah mereka pelajari.

7. Dapat menimbulkan persepsi yang sama pada setiap siswa karena adanya benda konkrit atau dalam berupa gambar/visual.

8. Memperlancar interaksi guru dengan siswa. Dengan media pembelajaran dapat mempermudah guru dalam menyampaikan pesan/informasi kepada siswa sehingga interaksi antara guru dan siswa.


Dalam garis besar media pembelajaran memiliki tiga fungsi yaitu; memotivasi minat dan tindakan siswa, menyajikan informasi, dan memberikan instruksi.

Semoga bermanfaat.
Tag : Pendidikan
0 Komentar untuk "Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran dalam Kegiatan Belajar Mengajar"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top