6 Cara Efektif dan Sederhana untuk Jinakan Nafsu Makanmu

Tips ini cocok buat kamu yang nafsu makannya tidak bisa di kontrol. Rasa lapar yang dirasakan oleh seseorang akan mengirimkan sinyal ke otak dalam bentuk mengeram. Akibatnya, ketika kamu merasa lapar, emosimu bisa semakin naik.

Namun kamu tidak mau jika harus terus menerus mengikuti nafsumu untuk terus makan, karena jika kamu mengikutinya dan tidak dapat mengendalikan rasa laparmu kamu akan menjadi gila makan dan berujung pada kenaikan berat badanmu.

Berikut ini ciamik akan berbagi informasi mengenai cara efektif dan sederhana untuk jinakan nafsu makanmu:
Tips untuk nafsu makan berlebihan
Sumber Gambar: jokowarino.id

1. Makan banyak protein tanpa lemak
Selain baik untuk kesehatan otot, mengkonsumsi protein juga dapat mengendalikan nafsu makan, karena tubuhmu akan lebih lama mencerna makanan yang mengandung protein sehingga kamu tidak akan mudah lapar. Selain itu, protein juga dapat membantu proses penurunan berat badanmu. Namun, pilihlah makanan yang mengandung protein tanpa lemak yang tinggi agar kamu tidak terkena kolesterol. 

Nah, jika kamu termasuk orang yang suka ngemil, apalagi cemilan manis, gantilah cemilanmu dengan kacang-kacangan atau yogurt. Kedua makanan tersebut mengandung protein yang cukup tinggi.

2. Tingkatkan kualitas bernafas
Selain mengkonsumsi protein, tips selanjutnya adalah meningkatkan kualitas bernafas.
Bernafas juga bisa menjadi kunci agar kamu dapat mengendalikan nafsu makan. Tips yang dapat dilakukan adalah tarik nafas sebanyak 3x. Setelah tarik nafas, coba tanyakan pada diri sendiri “mengapa saya ingin makan sekarang?”

Cara ini dapat membantumu untuk berpikir ulang sebelum kamu melakukan keputusan untuk makan. Kualitas oksigen juga perlu diperhatikan, karena kualitas oksigen serta pernapasan bisa menyehatkan sel tubuh yang mampu menjaga nafsu makanmu.

3. Mengkonsumsi buah-buahan
Sebuah penelitian membuktikan bahwa mengkonsumi buah-buahan dapat membantu mengontrol rasa lapar dengan baik. Sebab fruktosa yang terkandung di dalam buah dapat mengisi glikogen dalam hati yang mampu membantu mengurangi rasa lapar.

 Jangan menjalankan diet ketat
Jalankan diet secara wajar, karena jika kamu selesai melakukan diet ketat akan membuat kamu seakan balas dendam untuk mengkonsumsi makanan tidak boleh kamu konsumsi saat diet. Jalankan diet sewajarnya, agar tubuhmu pun tetap sehat.

4. Hindari kebiasaan makan sampai kenyang
Ingatkah kamu tentang hadist Rasulullah yang mengatakan makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang? Ya ternyata para pakar kesehatanpun sepakat dengan pepatah tersebut. Hal tersebut dapat mengontrol nafsu makan yang berlebihan, kamu harus membiasakan diri untuk berhenti makan sebelum kamu merasa kenyang. Dengan begitu tubuhmu akan terbiasa untuk menerima makanan secukupnya.

5. Alihkan perhatian
Tips terakhir adalah mengalihkan perhatianmu dari rasa lapar. Lakukan lah aktivitas yang tidak terlalu menguras tenaga dan pikirkanlah hal lain sehingga kamu dapat melupakan rasa laparmu dan tidak akan memikirkan makanan secara terus-menerus.


Nah, itulah beberapa tips untuk kamu yang ingin menjinakan nafsu makan berlebihan. Semoga bermanfaat yaaa..
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "6 Cara Efektif dan Sederhana untuk Jinakan Nafsu Makanmu"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top