Tips Sehat dan Tetap Semangat Selama Puasa Ramadhan

Alhamdulillah pada hari ini Sabtu, 3 Juni 2017 hari ke delapan kita melaksanakan puasa Ramadhan. Bagaimana kabar puasa kamu? Semoga amal ibadah puasa kita diterima ya. Aamiin

Selama menjalankan puasa ramadhan tentunya ada beberapa hal yang mesti kita perhatikan terutama dalam asupan makanan, karena jika kita salah mengonsumsi makanan alih-alih kita mampu melaksanakan puasa Ramadhan malah bisa membuat kita sakit karena salahnya asupan makanan yang kita konsumsi.

Selain asupan makanan aktivitas kita pun perlu diperhatikan, supaya kita tetap sehat, semangat menjalanankan kewajiban puasa ramadhan.
Tips Sehat Selama Puasa Ramadhan.jpg
Sumber gambar: Salimawisata.com diedit oleh ciamik.info

Berikut Tips Agar Tetap Sehat Selama Puasa Ramadhan

1. Memilah Asupan Makanan Minuman yang akan di Konsumsi
Makanan dan minuman yang akan kita konsumsi perlu diperhatikan. Cobalah untuk menghindari makanan makanan yang terlalu banyak mengandung minyak atau makanan pedas supaya sistem pencernaan kita tetap sehat.

2. Memperbanyak Minum Air Putih Ketika Berbuka Puasa dan Sahur
Selama puasa ramadhan pastikan tubuh kita cukup mendapatkan asupan air putih, jadi ketika kita buka puasa maupun saat sahur jangan lupa untuk mengonsumsi air putih ya. Cukup mengonsumsi air putih akan membuat tubuh kita terhindar dari dehidrasi di siang hari saat menjalankan puasa.

Tips minum air putih selama berpuasa : Konsumsilah 2 gelas air putih saat sahur, 4 gelas saat berpuasa, dan 2 gelas sebelum kita tidur.

3. Konsumsi Makanan yang Mengandung Serat
Saat sahur biasakan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung serat seperti sayuran agar pencernaan kita tetap sehat. Karena makanan yang mengandung serat baik untuk sistem pencernaan kita.

4. Hindari Tidur Setelah Sahur
Kebiasaan ini memang kebiasaan yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang. Sulit memang untuk tidak tidur setelah sahur, maka dari itu perlu kita biasakan. Karena kita akab bisa setelah terbiasa.

Bagi kita para blogger, kita bisa memanfaatkan waktu setelah sahur untuk menulis artikel ya.

Jangan lupa pula untuk membaca Quran walaupun hanya satu ayat. Menggunakan waktu setelah sahur dengan kegiatan positif akan lebih baik daripada kita tidur lagi.

5. Tidak Berlebihan Ketika Berbuka 
Buka puasa jangan jadikan ajang balas dendam karena setelah seharian berpuasa ya. Jadi tetap konsumsi makanan sewajarnya saja.

Sebaiknya konsumsi makanan yang manis terlebih dahulu. Kita disunnahkan untuk mengonsumsi kurma saat berbuka puasa. Karena makanan manis akan lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan tubuh kita, selain itu juga akan memulihkan energi tubuh kita.

Selain itu dengan tidak terlalu banyak asupan makanan yang kita konsumsi saat berbuka puasa akan membuat kita terhindar dari rasa kantuk saat menunaikan ibadah shalat tarawih. Jadi ada baiknya saat berbuka kita konsumsi makanan secukupnya, kemudian mengonsumsi makanan berat setelah sholat tarawih.

Nah itulah tips tetap sehat selama melaksanan puasa ramadhan. Semoga kita tetap diberikan kesehatan sehingga kita dapat melaksanakan ibadah puasa sebula penuh. Dan kita bisa dipertemukan kembali dengan ramadhan-ramadhan berikutnya.

6 Komentar untuk "Tips Sehat dan Tetap Semangat Selama Puasa Ramadhan"

Untuk tidur setelah sahur saya kadang-kadang tidur kadang nggak, biasanya ngantuk gak ketulungan saat di tempat kerja, solusinya rebahan bentar saat jam istirahat...

Artikel bagus layak untuk di share.. ijin share G+ ya mas...

terimakasih tips sehatnya, semoga bulan puasa tahun ini sehat selalu hingga selama-lamanya nggak cuman pas bulan puasa doang atuh kan?

Iyaa mas biasanya dibawa olahraga ringan bikin jadi agak segeran kalau saya

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top