Menu Makanan yang Baik di Konsumsi Ketika Berbuka Puasa

Makanan dan minuman yang kita konsumsi akan sangat mempengaruhi kesehatan kita. Apalagi ketika kita menjalankan puasa setelah kita menahan haus dan lapar dari shubuh hingga maghrib tentu kita tidak boleh sembarangan dalam mengonsumsi makanan ketika berbuka puasa agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan kita mampu menjalankan ibadah puasa hingga akhir ramadhan.

Lalu apa saja makanan yang baik di konsumsi ketika berbuka puasa?

makanan yang sehat dikonsumsi ketika berbuka puasa.jpg

Berikut menu makanan yang sehat dikonsumsi ketika berbuka puasa sehingga akan membuat tubuh kita tetap sehat.

1. Kurma
Kurma merupakan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks membutuhkan waktu pencernaan lebih lama, sehingga energi yang kita dapatkan juga perlahan-lahan, tentu kurma juga baik kita konsumsi di waktu sahur karena akan membuat tubuh kita tetap berenergi meski kita menjalankan puasa.

Selain itu kurma merupakan makanan yang di sunnahkan oleh Rasulullah untuk dikonsumsi ketika berbuka. Jadi sediakan kurma di rumah ya!

2. Tidak mengonsumsi makanan manis berlebihan
Sudah dijelaskan oleh master deddy corbuzier di channel youtube beliau. Bahwa berbuka puasa bukanlah mengonsumsi makanan manis yang manisnya itu buatan. Yang dianjurkan itu mengonsumsi makanan manis, yang manisnya alami.

Mengapa? apakah kamu sudah tahu ketika kita menjalankan ibadah puasa, insulin menurun secara drastis lho. Jadi ketika kita mengonsumsi makanan manis buatan berlebihan kemudian diserap oleh tubuh kita, itu akan membuat darah memproduksi insulin dengan cepat dalam jumlah yang besar. Tingginya kadar insulin pada tubuh akan membuat pankreas bekerja lebih keras. Ketika insulin dalam tubuh kita sudah semakin tinggi kadarnya, gula akan di rubah menjadi glikogen, kemudian glikogen tersebut akan di simpan menjadi lemak pada tubuh.

Jadi bukan sesuatu yang mengherankan apabila seseorang terbiasa mengonsumsi makanan manis yang berlebihan ketika berbuka puasa akan tubuh makin melar. Jadi yang lagi diet hati hati ya! :D

Terus kenapa kalau kurma itu tidak membuat gemuk? Beda ya! kurma itu bukan manis buatan, kecuali yang memang ditambahkan gula lagi oleh penjualnya jadi harus hati-hati juga ketika beli kurma.

3. Hindari Makanan Instan
Makanan instan memang lebih praktis untuk disajikan ya, tapi ada baiknya untuk tidak terlalu sering mengonsumsi makanan instan ketika berbuka. Justru akan sangat baik bila kita membuat masakan sendiri untuk menu berbuka puasa, selain hemat dan nikmat membuat makanan sendiri akan lebih sehat tentunya karena tidak menggunakan bahan pengawet.

4. Air Putih
Mengonsumsi air putih sangat dianjurkan ketika berbuka, Rasulullah pun menggantikan kurma dengan air putih bila memang tidak tersedia kurma ketika berbuka. Air putih ya (air bening bukan air yang sudah dicampur sirup atau dan lain sebagainya).

Air putih akan membuat usus lebih optimal dalam menyerap makanan juga akan membuat saluran pencernaan kita lebih siap sebelum kita mengonsumsi makanan berat.

5. Buah-buahan
Buah-buahan mengandung pemanis alami jadi sudah dipastikan baik bagi kesehatan. Sediakan buah-buahan seperti jeruk, apel, dan semangka ya di meja makan. Mudah dicari kok!

Nah itu dia menu makanan yang baik di konsumsi ketika berbuka. Semoga puasa kita tetap lancar ya ^_^
1 Komentar untuk "Menu Makanan yang Baik di Konsumsi Ketika Berbuka Puasa "

yang sering aku jadiin takjil sih sebenarnya gorengan mas, hehehe..
tapi kadang2 kalau ada kurma ya berbuka dengan kurma. :D

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top