Kamu Mahasiswa Tingkat Akhir? Ini Dia Hal yang Wajib Kamu Lakukan!

Biasanya ada hal yang paling berkesan  ketika kamu memasuki jenjang perkuliahan. Pada semester pertama kamu dihadapi oleh masa orientasi mahasiswa yang seru, dan ketika kamu menginjak semester akhir, kamu akan dihadapi oleh tumpukan kertas yang biasanya banyak dicoret-coret dosen.

Yaps! Skripsi. Momen ini adalah momen yang paling menegangkan, namun bagi sebagian mahasiswa momen ini bisa juga menjadi momen yang membahagiakan, pasalnya setelah skripsimu selesai, kamu akan memakai topi toga.

Demi mendapatkan gelar sarjan, sebagi mahasiswa tingkat akhir kamu perlu membuat sebuah karya skripsi. Tentunya bukan perkara yang mudah, sebab sebagai mahasiswa tingkat akhir kamu perlu mempersiapkan segala sesuatunya sebelum kamu lulus dan terjun ke dunia kerja secara langsung.

Nah, berkut ini ciamik akan berbagi informasi mengenai hal yang harus dilakukan oleh mahasiswa tngkat akhir.
Kamu Mahasiswa Tingkat Akhir? Ini Dia Hal yang Wajib Kamu Lakukan!
Mahasiswa Tingkat Akhir.jpg
1. Mempelajari manajemen pekerjaan
Sebelum kamu terjun ke dunia kerja, kamu perlu terlebih dahulu mempelajari jenis pekerjaan yang kamu inginkan, sehingga kamu sudah lebih paham mengenai surat lamaran kerja, tips dan trik agar lulus tes wawancara, dan masih banyak lagi manajemen pekerjaan  yang harus kamu ketahui. Semua itu perlu agar kamu tidak terkejut dan siap menghadapi dunia kerja yang penuh dengan tantangan.

2. Memiliki banyak ide
Sebagai mahasiswa tingkat akhir yang perlu membuat sebuah karya skripsi, kamu perlu memiliki banyak ide sebagai bahan untuk kamu membuat skripsi. Berusahalah untuk mencari ide-ide baru, namun ketika kamu sudah berada diujung usaha dan sama sekali tidak terlintas ide untuk skripsi yang akan kamu kerjakan, maka kamu boleh meminta bantuan dari sahabat, keluarga, atau bahkan dosenmu yang lebih memahami tentang hal itu.

3. Bertanya pada yang ahli
Menjadi mahasiswa tingkat akhir tentunya pencapaian pertamamu adalah lulus siding skripsi, wisuda, kemudian mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minatmu bukan?

Nah dalam hal mencari pekerjaan kamu perlu memiliki link, walaupun kamu sudah berpisah dengan senior-seniormu di kampus, tapi jangan sampai kontakmu dengannya terputus, karena bisa jadi ada seniormu yang bekerja di perusahaan atau instalasi yang kamu incar sehingga kamu bisa bertanya-tanya mengenai tips dan trik untuk masuk ke dalam perusahaan tersebut.

Mereka pasti sudah lebih ahli dan berpengalaman dibandingkan kamu dalam hal mencari pekerjaan.

4. Membuat profil pada jejaring sosial Linkedln
Jejaring sosial di era modern ini sudah tidak sedikit lagi. Nah kamu perlu memanfaatkan salah satu jejaring sosial dengan mencantumkan profil profesional misalnya pada linkedln untuk mendukung latar belakang karirmu.

Pasang biodata beserta foto dan deskripsi pekerjaan yang kamu inginkan, akan lebih baik jika kamu menambahkan surat lamaran profesional dan rekomendasi dari orang-orang yang sudah mengetahui kinerja kamu.

5. Memiliki manajemen waktu yang baik
Pekerjaan memang sangat penting, namun jangan sampai kamu lupa pada tugas akhir yang perlu kamu selesaikan. Buatlah skala prioritas agar kamu dapat melakukan hal apa saja yang perlu kamu dahulukan. Sebagai seorang mahasiswa tingkat akhir kamu perlu memiliki manajemen waktu yang baik agar segala aktivitasmu dapat terlesaikan dengan baik dan tepat waktu.

6. Surat lamaran kerja kreatif
Surat lamaran kerja umum biasanya akan begitu membosankan ketika dibaca. Untuk itu belajarlah membuat surat lamaran kerja yang lebih kreatif dan menarik sehingga perusahaan tertarik padamu dan memberikan nilai lebih untukmu.

7. Menyiapkan banyak target
Buatlah catatan mengenai target tempat bekerja yang kamu inginkan. Dengan menyiapkan pilihan sebanyak mungkin, kamu tidak perlu bingung lagi mencari lowongan pekerjaan lain ketika kamu gagal pada pilihan pertama.

Namun yang perlu kamu ingat, pilihlah tempat bekerja yang sesui dengan minat dan keinginanmu, karena itu merupakan salah satu hal yang menjadi sebab kamu betah dalam bekerja.

8. Menghadiri job fair
Job fair biasanya diadakan agar mahasiswa yang baru lulus dan lulusan lama yang belum mendapat pekerjaan bisa segera mendapat pekerjaan. Untuk itu tidak ada salahnya sebagai mahasiswa tingkat akhir kamu mengikuti acara job fair tersebut.

9. Memanfaatkan jejaring sosial
Terkadang ada sebuah perusahaan yang ingin tahu betul tentang dirimu, sampai-sampai perusahaan tersebut mencari informas tentangmu dari media sosial yang kamu miliki. Untuk itu coba bersihkan dan hentikanlah terlebih dahulu semua postingan buruk kamu dalam jejaring sosial.

Terkadang ada perusahaan yang begitu ketatnya sehingga mengintip kegiatan dan mengontrol pegawaninya dari media sosial yang kamu punya.

10. Jangan terlalu khawatir
Nah ini dia yang sering di rasakan oleh setiap mahasiswa tingkat akhir, khawatir jika kita tidak bisa memiliki pekerjaan dalam waktu dekat. Namun, justru kamu perlu menghilangkan rasa khawatirmu yang berlebihan akan lamanya waktu untuk bisa memperoleh pekerjaan, karena untuk lulusan yang masih baru hal tersebut masih dianggap wajar.

Asalkan kamu tekun dalam berusaha dan berdoa, pasti jika sudah waktunya, kamu akan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan keinginannmu dan juga mendapatkan penghasilan yang kamu harapkan.

Nah itulah hal-hal yang perlu kamu lakukan sebagai mahasiswa tingkat akhir. Tetap semangat untuk mengejar cita-cita yaaa! Semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Kamu Mahasiswa Tingkat Akhir? Ini Dia Hal yang Wajib Kamu Lakukan!"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top