Kenali 7 Gejala Kanker Serviks Sebelum Terlambat!

Kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan pembunuh nomor 1 wanita di Indonesia. Kanker serviks dapat terjadi disebabkan karena terdapatnya virus HPV (Human Papillomavirus) pada leher rahim. Biasanya gejala penderita kanker serviks sulit untuk terdeteksi, sehingga tidak banyak wanita yang tahu bahwa dirinya mengidap kanker serviks, bahkan baru diketahui setelah kanker tersebut menginjak stadium akhir.

Maka dari itu sebagai seorang wanita kita perlu waspada dan mengenali gejala kanker serviks sebagai pengetahuan, semoga saja sobat ciamik selalu diberi kesehatan yaa. Aamiin..
Gejala Kanker Serviks


Berikut ini merupakan 7 gejala kanker serviks yang perlu anda ketahui:
1. Terjadi pendarahan abnormal pada vagina
Salah satu gejala awal kanker serviks adalah terjadinya pendarahan abnormal pada vagina. Biasanya pendarahan terjadi setiap setelah melakukan hubungan seksual atau pendarahan yang terjadi di luar periode menstruasi.

Selain itu pendarahan yang terjadi pada wanita yang sudah menginjak menopause juga termasuk pendarahan yang tidak normal, karena pada hakikatnya bahwa wanita yang sudah menopause sudah tidak bisa lagi menstruasi. Jika ini terjadi segera periksakan ke dokter tanpa di tunda-tunda.

2.  Keputihan berlebihan
Setelah mengalami pendarahan abnormal pada vagina, selanjutnya pengidap kanker serviks akan mengalami keputihan yang berlebihan dan juga tidak normal. Keputihan normalnya berwarna putih, bersih, dan cair. Namun bagi penderita kanker serviks gejalanya adalah mengalami keputihan yang berlebih, berwarna coklat, dan berbau busuk, bahkan terkadang bercampur dengan darah.

3. Pendarahan setelah berhubungan intim
Pendarahan usai berhubungan intim memanglah hal yang wajar, namun tidak ada salahnya untuk lebih berwaspada dan periksakan ke dokter jika setiap berhubungan intim anda selalu mengalami pendarahan, karena itu merupakan salah satu ciri gejala kanker serviks.

4. Nyeri pada saat berhubungan intim
Sebagian wanita biasanya juga merasakan nyeri ketika berhubungan intim, namun tidak ada salahnya juga jika anda berkonsultasi ke dokter jika hal ini seringkali terjadi, karena tentunya mencegah lebih baik daripada mengobati.

5. Nyeri pada bagian panggul
Salah satu peringatan datangnya kanker serviks adalah ketika anda mengalami nyeri pada bagian panggul, nyeri dapat terjadi ketika anda berhubungan intim atau ketika buang air kecil.

6. Selalu merasa lelah dan lesu
Lelah dan lesu seringkali dirasakan karena tubuh butuh istirahat setelah anda melakukan aktivitas. Namun, jika anda sering mengalami lelah dan lesu padahal anda hanya melakukan aktivitas ringan anda perlu mewaspadainya. Ini memang bukan merupakan gejala yang signifikan, namun  penderita kanker serviks akan selalu merasa lelah dan lesu.

7. Adanya perubahan pada gerakan usus
Jika anda sering sekali buang air kecil maupun buang air besar itu bisa menjadi ciri bahwa anda terkena suatu penyakit. Jika hal tersebut terjadi kurang dalam kurun waktu seminggu, anda mungkin tidak perlu mengkhawatirinya, tetapi jika hal tersebut terjadi dalam kurun waktu lama dan lebih dari seminggu, anda perlu segera memeriksakan diir ke dokter dan mewaspai gejala ini, karena ini merupakan salah satu ciri gejala dari kanker serviks.

Gejala-gejala yang disebutkan di atas memang belum tentu menjadi gejala penderita kanker serviks, namun tidak ada salahnya jika anda lebih waspada dan tidak mengabaikan gejala-gejala tersebut. Semakin cepat gejala itu diketahui, maka semakin besar kesempatan untuk sembuh. Semoga bermanfaat.
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Kenali 7 Gejala Kanker Serviks Sebelum Terlambat!"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top