Hindari 5 Hal Ini Supaya Kamu Diterima Ketika Wawancara Kerja

Bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan, setelah memasukan lamaran pekerjaan tentu menunggu panggilan wawancara atau interview merupakan sesuatu yang sangat dinanti-nanti.

Pastinya, kamu tidak ingin akibat kesalahan kamu ketika wawancara, kamu sampai tidak diterima kerja bukan? Jadinya gunakan kesempatan panggilan wawancara ini kamu manfaatkan sebaik mungkin.

Lantas bagaimana jika sudah grogi duluan, padahal hari menuju dimana kamu akan melaksanakan interview masih cukup lama, tapi dag dig dugnya sudah sejak menerima panggilan. Bagaimana tuh solusinya?

Apa saja yah kira-kira yang perlu dipersiapkan ketika akan wawancara kerja? Nah untuk membantu kamu supaya bisa lebih siap, lebih matang, lebih tenang sebelum melaksanakan wawancara kerja, dan yang paling utama adalah kesempatan kamu supaya dapat diterima kerja semakin tinggi, coba kamu hindari 5 Hal berikut ini.
Interview Kerja.jpg
Image: Pixabay.com

Inilah 5 hal yang perlu kamu hindari supaya kamu diterima ketika wawancara kerja

Prioritaskan Jadwal, Jangan Sampai Telat!

Nah ketika kamu sudah mendapat panggilan untuk melaksanakan wawancara kerja cobalah untuk mengagendakan dengan baik, cobalah untuk mengatur jadwalmu yang lain supaya tidak berbentrokan.

Yang paling utama adalah, bila sudah ditentukan jadwal datanglah tepat waktu agar kamu memang mencirikan seseorang yang memiliki disiplin tinggi serta sikap tanggung jawab yang baik.

Jadi, hindarilah datang terlambat karena itu akan mencirikan kamu seseorang yang kurang bertanggung jawab. Daripada terlambat lebih baik kamu datang lebih awal meski waktu menuju interview masih lama.

Kamu bisa menggunakan waktu luang sambil menunggu waktu wawancara kerja dengan mencari informasi seputar perusahaan dimana kamu akan bekerja juga bisa untuk menenangkan pikiran kamu supaya kamu tidak lagi grogi ketika diwawancarai.

1. Gunakan Pakaian Terbaikmu

Penampilan harus kamu perhatikan, karena penampilan biasanya mencirikan karakter seseorang. Meskipun memang jangan menilai seseorang hanya dari penampilan. Tapi tak dapat dipungkiri bukan? bila penampilan juga menjadi faktor penting supaya memiliki kesempatan yang lebih tinggi untuk diterima kerja.

Jadi cobalah untuk mengenakan pakaian yang rapi, pas dengan badanmu. Jadi membuatmu enak di pandang. Selain itu pastikan pula wajahmu dalam kondisi fresh dan tidak terlihat kucel. Kamu bisa mencuci muka terlebih dahulu agar wajahmu lebih segar.

2. Mencari Informasi Seputar Perusahaan Dimana Kamu Bekerja itu Penting!

Jadi jangan sampai ketika kamu diberi pertanyaan. Mengapa kamu ingin bekerja diperusahaan kami? menurutmu apa kelebihan perusahaan kami sehingga membuat kamu ingin bekerja disini? kamu justru malah diam karena tidak mengetahui seluk beluk perusahaan dimana kamu akan bekerja.

Jadi sebeluim wawancara kerja itu tiba cobalah cari informasi sebanyak mungkin bisa dengan bertanya pada teman-temanmu, atau mencari sumber dari internet. Ini akan membuatmu lebih siap ketika melakukan interview.

3. Jawablah Singkat Padat dan Jelas

Ketika menjawab pertanyaan saat interview tidak usah bertele-tele atau malah curhat tentang kehidupan kamu. Berharap kamu akan dikasihani sehingga kamu bisa diterima kerja? tidak begitu ya bro. Jawablah seadanya yang perlu kamu jawab, dan jelaskanlah sesuatu yang memang semestinya kamu jelaskan. Tidak usah berbelit-belit atau bertele-tele.

4. Tetap Tenang, Fokus, Percaya Diri

Ketenangan kamu menjawab setiap pertanyaan itu menjadi poin lebih bagi kamu, selain itu dengan tetap tenang kamu akan lebih bisa menjawab setiap pertanyaan dengan baik.

Fokuslah dengan setiap pertanyaan yang diajukan, sehingga kamu mengerti maksud dari setiap pertanyaan. Hindari meminta untuk mengulang pertanyaan akibat kamu kurang fokus. Supaya tetap fokus kamu harus cukup minum air putih.
Simak selengkapnya: Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan

Selain itu juga kamu harus percaya diri, jawablah setiap pertanyaan dengan penuh keyakinan, penuh rasa optimis.

5. Hindari Lebay

Gunakan gesture yang natural saja, wajar, dan tidak berlebihan yah. Jadilah dirimu sendiri, tidak usah dibuat-buat dengan gaya-gaya orang lain ingin mencontoh idola atau siapapun. Justru yang dibuat-buat itu tidak baik. Jadi berekspresilah yang sewajarnya. Okee

Nah itulah beberapa hal yang sebaiknya di hindari ketika wawancara kerja supaya kamu diterima.

Semoga bermanfaat

Tag : Inspirasi
0 Komentar untuk "Hindari 5 Hal Ini Supaya Kamu Diterima Ketika Wawancara Kerja"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top