Bagaimana Cara Menyambut Bulan Suci Ramadhan?

Bulan suci ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, dimana kebahagiaan selalu datang setiap hari pada setiap orang yang menjalankan ibadah puasa. Tinggal beberapa hari lagi bulan suci ramadhan akan tiba dan sebagai umat muslim kita perlu menyambut bulan yang penuh berkah dengan berbenah diri.

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk menyambut bulan ramadhan, diantaranya:

1. Memperbanyak do’a
Perbanyaklah do’a, karena belum tentu kita bisa bertemu lagi pada bulan ramadhan berikutnya. Mintalah kepada Allah agar kita senantiasa diberi kesehatan ketika menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan, agar kita senantiasa bersemangat dalam menghadapi  bulan ramadhan dan dihindarkan dari sesuatu yang dapat mengganggu optimalisasi di bulan ramadhan.

2. Bergembira menyambut datangnya bulan suci ramadhan
Sudah sepatutnya kita berbahagia dalam menyambut kedatangan bulan yang penuh berkah, karena pada bulan ini kebaikan yang kita lakukan akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT. Seperti yang diriwayatkan oleh H.R. Ahmad bahwasanya pada bulan ramadhan pintu-pintu surga telah dibuka dan pintu-pintu neraka telah ditutup serta syaitan-syaitan telah dibelenggu.
Sumber Gambar: islamicpostings.tumblr.com

3. Memperbanyak rasa syukur kepada Allah SWT karena bisa bertemu dengan bulan ramadhan kembali
Bersyukurlah kepada Allah karena kita bisa bertemu kembali pada bulan suci ramadhan yang hanya sekali dalam satu tahun, karena belum tentu pada tahun berikutnya kita masih bisa menikmati keindahan pada bulan ramadhan.

4. Memiliki tekad yang kuat dalam menjalankah optimalisasi ibadah di bulan ramadhan
Jika kita bersungguh-sungguh dan bertekad untuk menjalankan ibadah di bulan ramadhan dengan optimal, maka insyaAllah Allah akan memberikan petolongan untuk berbuat taat dan memudahkan pada jalan kebaikan.

5. Pemahaman tentang hukum-hukum di bulan ramadhan
Seyogyanya setiap umat muslim mengerti dan memahami hukum-hukum di bulan ramadhan agar puasa yang kita lakukan sah dan tidak menjadi kesia-siaan. Tidak ada alasan untuk tidak mengetahui hukum-hukum yang dapat membatalkan ibadah puasa, karena jika kita tidak mengetahuinya maka kita beribadah dengan percuma, sudah menjadi kewajiban umat muslim untuk terus mencari ilmu dan pengetahuan agar tidak berada di jalan yang salah.

Demikian cara sebagai umat muslim untuk menyambut bulan suci ramadhan. Sambutlah bulan penuh berkah dengan penuh kebahagiaan. Selamat menjalankah ibadah di bulan ramadhan, semoga selalu dilimpahkan keberkahan..

Tag : Religius
0 Komentar untuk "Bagaimana Cara Menyambut Bulan Suci Ramadhan?"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top