5 Cara Ciamik Mengelola Gaji Bagi Fresh Graduate

Jika kamu termasuk mahasiswa yang langsung mendapat pekerjaan ketika kamu lulus kuliah, itu merupakan hal yang sangat menyenangkan, tetapi sekaligus menjadi sebuah tantangan bagimu karena ketika kamu sudah mendapat pekerjaan, kamu perlu memiliki gaya hidup yang cerdas untuk mengelola gajimu agar gaji yang kamu dapatkan tidak hanya sekedar lewat begitu saja.

Menjadi seorang fresh graduate yang sudah memiliki pekerjaan dengan gaji yang terbatas sangatlah tidak mudah, apalagi jika kamu sudah berkeinginan untuk tidak meminta lagi kepada orangtuamu.

Sedangkan keinginan untuk mewujudkan berbagai impian dan keinginannmu begitu bergelora, entah itu untuk membeli baju baru, gadget baru, atau mungkin untuk sekedar hang out bersama pacar atau sahabatmu atau yang paling memungkinkan adalah menabung untuk masa depanmu?
Cara Mengelola Gaji Bagi Fresh Graduate.jpg

Lalu bagaimana cara agar kamu yang masih fresh graduate dapat meneglola gajimu dengan baik?

Berkut ini ciamik akan berbagi informasi 5 cara yang ciamik untuk mengelola gaji bagi kamu fresh graduate!

1. Carilah alternatif pengeluaran yang paling hemat
Jika kamu terbiasa makan di restoran mahal, ada baiknya kamu mulai menghemat pengeluaran dengan makan di warteg atau mungkin bekal dari rumah. Kamu bisa memilih warteg mana yang menurutmu sehat, dan jika kamu bekal dari rumah itu mungkin akan lebih menghemat pengeluaranmu dan akan lebih menyehatkan.

2. Menabung secara paksa
Meskipun gajimu belum seberapa, tetapi menabung tetaplah perlu. Sisihkanlah sebagian kecil gajimu untuk menabung, meskipun idealnya menabung itu 30% dari gajimu, tetapi untuk kamu yang masih fresh graduate taka pa menyisihkan sedikit uang gajimu, karena itu akan berguna bagimu di masa depan.

3. Buatlah rencana apa saja yang ingin diwujudkan
Agar menambah motivasimu, kamu perlu membuat daftar rencana apa saja yang ingin kamu wujudkan. Hal ini tidak hanya membantumu untuk belajar mengelola yang, tetapi bisa juga membantumu untuk menentukan prioritas impian yang ingin kamu kejar dalam waktu dekat.

4. Kontrol pengeluaran
Biasanya orang yang masih fresh graduate, kemudian baru merasakan memegang uang hasil jerih payah sendiri kurang pandai untuk memanage uang sehingga tanpa disadari pengeluaran menjadi membengkak. Maka dari itu kamu perlu mengontrol pengeluaranmu dengan melihat pengeluaranmu di bulan sebelumnya.

5. Belajar berkomitmen dengan diri sendiri
Cara-cara di atas memang memang dapat membantumu dalam mengelola keuangan agar uang gajimu tidak hanya lewat begitu saja, namun tanpa komitmen yang kuat dari dirimu sendiri, hal-hal yang telah kamu lakukan di atas akan percuma dan tidak ada pengaruhnya. Maka dari itu cobalah untuk berkomitmen pada dirimu sendiri, selalu ingat pada impian-impian yang ingin kamu raih!

Selamat mencoba, semoga bermanfaat!
Tag : Inspirasi
0 Komentar untuk "5 Cara Ciamik Mengelola Gaji Bagi Fresh Graduate"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top