10 Cara Ampuh Menghafal Cepat dan tidak Mudah Lupa

Kamu pasti ingat, ketika kamu masih duduk di sekolah dasar kamu sudah mulai diminta untuk menghafal sebuah angka, huruf atau perkalian dan sejenisnya. Menghafal merupakan salah satu cara klasik dalam belajar, namun pada zaman modern ini teknologi dan cara belajar sudah semakin berkembang sehingga menghafal tidak lagi menjadi prioritas utama dalam belajar.

Tetapi tidak menutup kemungkinan pada beberapa pembelajaran kamu memerlukan teknik menghafal. Nah, agar kamu lebih cepat menghafal dan tidak mudah lupa kamu bisa melakukan cara-cara ampuh di bawah ini.
Sumber Gambar: gopego.com

1. Segarkan dirimu

Cara pertama untuk dapat menghafal cepat dan tidak mudah lupa adalah dengan membuat otakmu segar agar lebih bersemangat dan lebih mudah berkonsentrasi dalam menghafal. Salah satu cara untuk menyegarkan dirimu adalah dengan mandi.

Selain itu ketika kamu ingin menghafal carilah waktu dimana kekuatan otakmu bisa keluar 100%, ada yang mudah menghafal  saat dini hari, ada yang mudah menghafal pada malam hari, tengah malam, atau mungkin pada sore hari.

2. Mempersiapkan segala sesuatunya
Optimalisasikan cara menghafalmu dengan mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari tempat untuk menghafal, lingkungan yang kita pilih, apakah kamu lebih mudah berkonsentrasi dengan lingkungan yang ramai ataukah pada lingkungan yang sepi? Cobalah mencari tempat yang nyaman dan cocok untuk dirimu menghafal.

3. Menghafal membutuhkan motivasi
Ada 2 jenis stress yang dikenal dalam dunia kesehatan, ada stress yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan dan ada stress yang bisa membuat kesehatan kita baik dan juga bisa membuat pintar. Stress yang dapat membuat sehat dan pintar adalah dengan memaksakan diri terutama melalui semangat dan motivasi. Stress dapat mengakibatkan hormon adrenalin terpompa sehingga kemampuan yang kita miliki akan keluar semuanya.

4. Beberapa orang membutuhkan doping
Agar kamu dapat dengan mudah dan cepat menghafal kamu juga perlu menggunakan doping. Doping yang dimaksud disini bukan obat-obatan loh yaa,apalagi obat-obatan yang terlarang. Doping disini misalnya dengan minum kopi, minum teh, atau sesuatu yang bisa membuatmu lebih fresh. Atau mungkin kamu bisa mengkonsumsi coklat. Karena beberapa orang mungkin bisa berkonsentrasi dengan baik setelah makan coklat.

5. Tulis terlebih dahulu apa yang ingin kamu hafal
Proses menulis adalah menuangkan apa yang kamu lihat, yang kamu dengar atau yang kamu pahami ke dalam sebuah tulisan sehingga ini akan dapat membantumu untuk lebih cepat menghafal. Setelah kamu menuliskannya cobalah baca kembali apa yang sudah kamu tuliskan. Biasanya menghafal dengan cara kamu mencatat terlebih dahulu akan lebih memudahkan dan mempercepat hafalanmu.

6. Catat kembali apa yang ingin kamu hafal
Setelah kamu mencatat dan membaca ulang, kemudian kamu masih perlu untuk memantapkan hafalanmu, kamu bisa menuangkannya kembali dalam sebuah tulisan. Kamu bisa mencatat kembali apa yang ingin kamu hafalkan.

7. Terapkan langkah pengulangan
Cara ini dapat kamu lakukan dengan mengulangi setiap baris teks dalam beberapa kali hingga kamu benar-benar mengingatnya sebelum berpindah pada teks lain yang ingin kamu hafalkan. Cara ini dapat membantu mencegah hafalanmu memudar dengan cepat, karena semakin sering kamu mengulang kata-kata yang ingin kamu hafal maka hafalanmu akan semakin kuat.

8. Ajarkan kepada orang lain atau kepada diri sendiri
Nah cara yang satu ini menurutku adalah cara yang paling ampuh agar ingatan mengenai hafalanmu tidak mudah lupa. Setelah kamu mulai hafal dengan teks yang kamu hafalkan kamu bisa mengajarkannya pada orang lain atau mengajarkan pada dirimu sendiri dengan melihat cermin.

9. Manfaatkan rekaman
Bagi seseorang yang lebih mudah menghafal dengan mendengar, kamu bisa menggunakan cara ini. Rekam hal yang ingin kamu hafalkan, kemudian dengarkan kembali berulang-ulang dan sesering mungkin.

10. Menghafal dengan memanfaatkan sticky notes
Banyak ragam sticky notes yang dijual, dari mulai warna dan bentuknya. Nah jika kamu termasuk seseorang yang dapat dengan mudah menghafal dengan menggunakan gambar-gambar dan warna kamu bisa menggunakan sticky notes sebagai perantara dalam kegiatan menghafalmu.

Apa yang telah kamu hafalkan bisa kamu tuliskan pada lembar-lembar sticky notes dengan warna berbeda sehingga informasi yang kamu simpan akan mengikuti kelompok-kelompok tertentu.

Semoga bermanfaat.
1 Komentar untuk "10 Cara Ampuh Menghafal Cepat dan tidak Mudah Lupa"

tips yang bagus nih.. kebetulan aku juga kadang2 sering lupa saat baca2 tentang suatu tutorial tertentu

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top