Tips ampuh agar menjadi mahasiswa yang sukses!

Sebagai seorang mahasiswa, hidupmu tidak harus selalu berkutat dalam setiap materi kuliah. Jika kamu ingin sukses, kamu juga perlu mengikuti sesuatu hal yang dapat membuatmu lebih mengeksplore pengalamanmu.

Di bawah ini adalah tips ampuh agar kamu dapat menjadi mahasiswa yang sukses.
Sumber Gambar : ariainternational.co

1. Aktif dalam pembelajaran di kelas

Sudah tidak asing lagi jika seorang mahasiswa yang aktif dalam pembelajaran di kelas tentu saja akan dikenali oleh dosen dan teman-teman yang lain. Meskipun bukan “terkenal” yang ingin kita cari, tetapi aktif dalam pembelajaran di kelas menunjukkan bahwa kita serius dalam belajar dan kita mencermati apa yang disampaikan dosen atau teman-teman yang presentasi di depan kelas sehingga kekatifanmu di kelas akan menunjang kesuksesanmu sebagai seorang mahasiswa.

2. Belajar memanage waktu sebaik mungkin
Ada yang bilang bahwa memanage waktu itu sulit, apalagi jika kita mengikuti berbagai macam kegiatan, namun ya itulah tantangan bagi seseorang yang ingin sukses. Cobalah kamu tuliskan jadwal kegiatan dan tugas kuliahmu untuk seminggu ke depan, kemudian kamu urutkan kegaiatan dan tugas apa yang lebih penting dan yang harus kamu utamakan.

3. Dekat dengan dosen
Mahasiswa yang sukses akan tahu bagaimana cara mendulang ilmu dari setiap dosen. Kamu bisa mendatangi dosen ketika ia sedang tidak sibuk, kemudian meminta izin untuk berdiskusi dengannya, dan kamu bisa meminta berbagai pendapat dari beliau. Tidak hanya tentang materi kuliah saja, tentang berbagai kecakapan hidup bisa kamu tanyakan, karena memang dosenmu pasti lebih berpengalaman dan lebih banyak mengalami hiruk pikuk kehidupan.

4. Memiliki banyak relasi di kampus
Dalam dunia perkuliahan, kamu harus mampu berteman dengan siapa saja. Jika ada yang bilang bahwa ketika kamu telah menjadi seorang mahasiswa kamu akan menjadi orang yang individual, maka hapuskanlah sugesti itu. Justru pada jenjang perkuliahan inilah waktunya kamu melebarkan sayapmu, carilah teman sebanyak mungkin.

Tidak usah pilih-pilih dalam berteman, suatu saat nanti jika kamu memerlukan sesuatu dan kamu memiliki teman dalam bidang tertentu itu pasti akan membuatmu lebih mudah. Tapi walaupun tidak, silaturahmi harus tetap terjalin yaa! Hehe.

5. Sering-sering berdiskusi dengan dosen maupun teman
Seperti yang telah dijelaskan di atas, dekatilah dosenmu dengan cara meminta saran dan pendapat serta berdiskusi dengan dosenmu mengenai apapun tentang kecakapan hidup. Selain itu, kamu juga bisa meluangkan waktumu untuk sering berdiskusi dan bertukar pikiran dengan teman-temanmu, sedikit debat dan berbeda pendapat itu tak masalah, karena disitulah kemampuan berpikirmu akan semakin terasah.

6. Mengikuti organisasi kampus yang menunjang bakatmu
Menjadi mahasiswa yang sukses dan berprestasi bukan berarti kamu terlalu fokus pada kuliahmu di kelas, akan tetapi mengikuti organisasi atau ekstrakurikuler yang menunjang bakat dan kemampuanmu itu akan bisa membawamu pada kesuksesan.

Orang-orang akan mempercayai bakat dan kemampuanmu, sehingga kamu akan di kenal dan mungkin kamu akan di undang pada salah satu acara yang selaras dengan bakat yang kamu miliki. Tidak hanya diundang, tetapi kamu juga bisa menghasilkan sesuatu darisana.

Contohnya jika kamu pandai menari, kamu bisa mengikuti unit kegiatan mahasiswa dalam bidang seni dan disana bakatmu akan semakin terasah, tentunya orang-orang tidak akan ragu akan keahlianmu, dan mungkin jika ada yang membutuhkan seorang pelatih tari, kamupun akan menjadi orang yang direkomendasikan.

Nah itulah beberapa tips ampuh yang dapat kamu terapkan. Semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Tips ampuh agar menjadi mahasiswa yang sukses!"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top