Seberapa Produktif Kah Kamu Sebagai Seorang Pelajar / Mahasiswa?

Seberapa Produktif Kah Kamu Sebagai Seorang Pelajar?

Sebagai seorang pelajar, kamu harus bisa membuat waktu luang yang kamu miliki menjadi lebih produktif. Tidak hanya menjadi mahasiswa yang “kupu-kupu” (kuliah-pulang – kuliah-pulang) atau mungkin menjadi siswa yang “lalu lalang” (sekolah lalu langsung pulang) kemudian tidak melakukan aktivitas apapun lagi.
Sukses setelah wisuda
Ini adalah teman seperjuangan penulis (kiri ke kanan: Sofyan Nur M. , Taufiq M. Yusuf, Dendi A., Rahmat Firdaus). 
Daripada yang dilakukan hanya main atau berdiam diri di depan handphone atau komputermu sehingga banyak waktu terbuang sia-sia. Akan lebih baik jika mencoba membuat jadwal atau time line untuk kegiatan mu dalam sehari agar hidupmu lebih produktif. 

Berikut ini adalah beberapa tips agar kamu bisa membuat harimu menjadi lebih produktif.


  1. Kamu perlu meluangkan 8 jam/hari untuk tidur dan beristirahat, karena menurut ilmu kesehatan waktu yang baik untuk tidur adalah 8 jam/hari
  2. 3 jam dari 24 jam sehari yang kamu miliki gunakan untuk beribadah, sholat, mengaji, membantu orangtua dan amal sholeh lainnya.
  3. 6 jam / hari kamu gunakan untuk pergi kuliah atau pergi ke sekolah
  4. Sekolah maupun kuliah pasti tidak terlepas dari tugas-tugas yang diberikan oleh guru atau dosenmu, maka dari itu luangkanlah waktu mu 2 jam dalam sehari untuk mengerjakan tugas atau PR mu.
  5. Kemudian 5 jam sisanya bisa kamu manfaatkan untuk; dagang, menjadi reseller, membuat produk sendiri untuk dijual, dropship, penelitian, membuat riset, kerja, atau kegiatan produktif lainnya yang dapat menghasilkan uang yang halal.

Manfaatnya :


  1. Kamu bisa punya penghasilan sendiri dan memiliki pengalaman lebih awal dari teman-temanmu yang lain.
  2. Jika kegiatan prduktifmu itu terus menerus kamu tekuni, maka ketika orang lain lulus dan mulai mencari kerja untuk mendapat penghasilan sendiri, kamu sudah bekerja.
  3. Kamu sudah tidak bergantung lagi pada orangtuamu ketika orang lain masih mencari pekerjaan dan masih bergantung pada orangtuanya.
  4. ketika orang lain sedang berjuang dan mengalami kegagalan, kamu sudah mengalaminya dan sudah berpengalaman.
  5. Kamu sudah memulai karirmu semenjak kamu sekolah atau kuliah, sedangkan orang lain baru mau memulainya.

Catatan : kamu perlu mengorbankan sedikit masa mudamu untuk bersenang-senang atau bermain-main jika kamu ingin menjadi orang yang sukses.
Artikel ini merupakan inspirasi dari sahabat saya Ikhsan Badruz Zaman, saat ini Ikhsan sudah menjadi owner speedometer costum bernama SPD speedometer. Semoga artikel ini juga dapat menginspirasi kalian.

Tag : Inspirasi
0 Komentar untuk "Seberapa Produktif Kah Kamu Sebagai Seorang Pelajar / Mahasiswa?"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top