Ingin bisa berbahasa Inggris ? Ini dia tips mudah dan sederhana untuk mengatasinya!

Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang perlu dikuasai, apalagi untuk seseorang yang bercita-cita melanjutkan pendidikan ke pasca sarjana maupun ke perguruan tinggi di luar negeri.  Jika anda termasuk orang yang malas mengikuti les berbahasa Inggris yang tidak sedikit mengeluarkan biaya, anda perlu melakukan hal mudah dan sederhana di bawah ini agar kemampuan bahasa Inggrismu menjadi terasah.

1. Hafalkan minimal 10 kosa kata perhari
Kamu perlu melakukan hal ini, karena dengan kamu menghafal 10 kosa kata bahasa Inggris dalam setiap harinya, maka vocabulary (perbendaharaan kosa kata) mu akan meningkat, sehingga kamu akan lebih mudah memahami artikel maupun buku berbahasa Inggris.

Menghafal memang bukan hal yang mudah dan untuk mengurangi kesulitan ketika menghafal kita perlu menggunakan istilah dalam bahasa Indonesia dalam menghafalnya. Misalnya jika kamu sulit untuk menghafal kata “sesquipedalian” yang merupakan istilah dalam bahasa Inggris untuk kata yang panjang. Dari kata tersebut kita bisa menghafalnya dengan mengingat kata “pedal” kemudian setelah ingat, kita tinggal memperbaiki cara pengucapannya.

2. Tingkatkan rasa percaya diri untuk berbicara bahasa Inggris sedikit demi sedikit setiap hari
Jika kamu ingin bisa berbicara bahasa Inggris, kamu perlu memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan jangan menganggap bahwa bahasa Inggris itu sulit. Jika kamu percaya diri dalam melafalkan bahasa Inggris sedikit demi sedikit pada setiap harinya, meskipun itu salah tetapi orang disekitarmu pasti ada saja yang mengomentari dan memberitahumu.

Pada kesempatan itulah kamu belajar, apalagi ketika kamu sedang dihadapi dalam pelajaran atau mata kuliah bahasa Inggris, tidak perlu malu untuk selalu mencoba berbicara dengan bahasa Inggris, karena kamu pun akan bisa jika kamu telah terbiasa.

3. Sering membaca dan menerjemahkan  buku berbahasa Inggris
Akan lebih baik jika kita sering membaca buku berbahasa Inggris, kemudian kita menerjemahkannya. Dalam buku berbahasa Inggris kita akan mendapat perbendaharaan kosa kata baru dengan kalimat formal dan ilmiah.

4. Sering menonton film berbahasa Inggris dengan dua subtitle (Inggris dan Indonesia)
Jika kamu termasuk orang yang tidak suka menonton film barat, maka untuk kali ini cobalah untuk menontonnya dengan menggunakan dua subtitle yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, maka kamu akan mudah memahami setiap percakapan yang ada di dalamnya. Selain kamu mengetahui artinya, kamu juga bisa mengetahui bagaimana cara menuliskannya.

5. Sering mendengarkan musik dan ikut bernyanyi dengan bahasa Inggris
Terkadang belajar memang membosankan, maka dari itu jika kamu merasa bosan untuk belajar bahasa Inggris dari buku ataupun kamus, kamu bisa mendengarkan musik berbahasa Inggris dan coba ikut bernyanyi. Mendengarkan musik adalah salah satu cara yang menyenangkan agar kamu tidak bosan.

Itulah beberapa tips mudah dan sederhana untuk kamu yang ingin bisa berbahasa Inggris, selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

0 Komentar untuk "Ingin bisa berbahasa Inggris ? Ini dia tips mudah dan sederhana untuk mengatasinya!"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top