Bagaimana Perkembangan Kurikulum Pendidikan di Indonesia saat ini?

Pendidikan di Indonesia masih menghadapi berbagai macam persoalan. Persoalan dalam pendidikan memang tidak akan pernah selesai, sebab substansi yang di transformasikan selama proses pendidikan dan pembelajaran selalu di bawah tekanan kemajuan iptek dan kemajuan masyarakat.

Salah satu persoalan pendidikan di Indonesia yang masih menonjol saat ini adalah adanya kurikulum yang silih berganti dan membebani pendidik maupun peserta didik tanpa ada arah pengembangan yang betul-betul diimplementasikan sesuai dengan perubahan yang diinginkan pada kurikulum tersebut. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa tujuan dari perubahan kurikulum tersebut mengarah pada perbaikan sistem pendidikan nasional.

Hal tersebut mengharuskan pendidik dapat dengan cerdas mengikuti perkembangan kurikulum. Pada kurikulum yang sedang berkembang saat ini yaitu kurikulum nasional, telah diterapkan kurikulum berbasis kompetensi sekaligus berbasis karakter (competency and character besed curriculum) yang dapat membekali peserta didik dengan berbagai sikap dan kemampuan yang sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman dan teknologi.

Maka dari itu, guru dituntut secara professional merancang pembelajaran efektif dan bermakna, mengorganisasikan pembelajaran, memilih pendekatan pembelajaran yang tepat, menentukan prosedur pembelajaran dan pembentukkan kompetensi secara efektif, serta menetapkan kriteria keberhasilan yang semuanya tertuang dalam perangkat-perangkat pembelajaran.

Untuk menunjang kriteria tersebut, kita perlu mengacu pada UU No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, dimana implementasi UU No. 20 tahun 2003 dijabarkan ke dalam sejumlah peraturan, antara lain : peraturan pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan.

Peraturan pemerintah ini memberikan arahan tentang perlunya disusun dan dilaksanakan 8 standar nasional pendidikan yang meliputi : Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan,  serta Standar Penilaian Pendidikan.

Dalam mencapai guru yang efektif dan efisien, maka kedelapan standar tersebut perlu diketahui dan dipahami oleh para pendidik. Salah satu yang perlu pendidik pahami yaitu Standar Kompetensi Lulusan. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan kriteria mengenai kualifikasi kemampuan kelulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang akan diturunkan menjadi Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), Indikator, dan Tujuan Pembelajaran.

Standar Kompetensi Lulusan digunakan sebagai acuan utama Pengembangan Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian Pendidikan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, dan Standar Pembiayaan.
Tag : Pendidikan
0 Komentar untuk "Bagaimana Perkembangan Kurikulum Pendidikan di Indonesia saat ini?"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top