Mau Presentasimu Keren? Lakukan Tips Sederhana Berikut Ini!

Menjadi seorang pelajar atau mahasiswa pasti tidak luput dari strategi pembelajaran “presentasi”. Bagi sebagian pelajar, bisa jadi presentasi menjadi hal yang sangat menegangkan, namun ada juga yang menganggap presentasi adalah hal yang menyenangkan, dan pastinya ada juga yang menganggap presentasi sebagai hal yang biasa saja.

Tapi, apapun persepsimu terhadap kegiatan presentasi ini, kamu tetap harus melakukannya dengan sungguh-sungguh. Karena presentasi bisa melatih kemampuan public speakingmu!
Nah, untuk mempermudah presentasimu di kelas dan juga menjadikan presentasimu menjadi lebih keren, kamu bisa melakukan tips-tips sederhana di bawah ini :

Sumber Gambar : mebiso.com

1. Membuka presentasi dengan sebuah pertanyaan

Ketika kamu mengajukan sebuah pertanyaan pada awal presentasi, secara tidak langsung kamu akan membuat audience berpikir untuk menemukan jawaban dari pertanyaan yang kamu ajukan. Kamu juga bisa menciptakan motivasi dan rasa ingin tahu pada audience ketika kamu mengajukan pertanyaan ketika presentasimu dimulai. Dengan cara tersebut kamu bisa merenggut konsentrasi audience agar fokus mendengarkan presentasimu.

2. Hindari berbicara pada projektor atau slide power point
Berbicara sembari melihat projektor ketika presentasi akan memperlihatkan bahwa kamu belum menguasai materi yang akan dipresentasikan. Jika kamu ingin presentasimu terlihat keren, alangkah lebih baiknya terlebih dahulu kamu memahami materi yang akan kamu sampaikan agar ketika kamu presentasi, kamu tidak perlu menatap layar infocus secara terus-menerus.

3. Kamu hanya butuh 3M (Matter, Method, Manner)
Hal ini berkaitan dengan poin nomor 2. Kamu hanya butuh materi, metode, dan cara yang baik dalam menyampaikan presentasimu. Gestur juga dapat mendukung kualitas presentasimu.

4. Presentasi bisa dimulai dengan menyebutkan point-point yang akan dijelaskan
Nah pada saat presentasi dimulai, kamu bisa memulainya dengan menyebutkan poin-poin inti dari materi yang akan kamu sampaikan, agar audience mengetahui tujuan dari presentasimu.

5. Tunjukan antusiasme ketika kamu presentasi
Mau presentasi keren tapi wajahmu terlihat lemas dan lesu? Gak akan deh presentasimu di cap sebagai presentasi yang keren. Kamu perlu menunjukkan antusiasmu ketika presentasi agar audience yang mendengarkan juga terbawa dalam suasana semangat dan tidak akan malas untuk mendengarkan presentasimu.

6. Berlatih di depan cermin
Jika kamu masih merasa kurang percaya diri ketika melakukan presentasi, kamu bisa berlatih di depan cermin dan kamu bisa melihat kekurangan dan kelebihanmu ketika presentasi

7. Komunikasi dan interaksi dengan audience 
Hal ini sangat penting dalam sebuah presentasi, selain agar audience memahami isi dari materi yang kamu sampaikan, komunikasi dan interaksi dengan audience ketika kamu presentasi akan membuat audience fokus terhadap apa yang sedang kamu presentasikan

8. Perhatikan tempo dan ritme bicara
Nah, hal ini juga perlu kamu perhatikan ketika presentasi. Tempo dan ritme bicara yang terlalu cepat akan membuat audience bingung dan tak mengerti dengan apa yang kamu sampaikan. Perhatikan tanda baca pada materi yang ingin kamu sampaikan, dan gunakan tempo dan ritme yang sesuai dengan materi yang ingin kamu sampaikan

9. Membuat power point yang sederhana
Power point yang rame dan bermacam-macam akan membuat perhatian audience teralihkan pada power point yang kamu buat. Boleh saja membuat power point yang menarik, tetapi jangan sampai audience menjadi terfokus pada power point mu bukan pada materi yang kamu sampaikan

Semoga bermanfaat.

0 Komentar untuk "Mau Presentasimu Keren? Lakukan Tips Sederhana Berikut Ini!"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top