Ingin menyelesaikan tugasmu dengan cepat tanpa harus mempermalukan diri dengan plagiat? Ini dia tipsnya!

Sebagai seorang mahasiswa, kamu pasti seringkali diberi tugas oleh dosen. Tugas yang diberikan dapat berupa menulis panjang atau artikel dalam waktu singkat atau mungkin membuat makalah yang harus berkualitas.

Terkadang adanya tugas tersebut dipikiranmu pasti mudah, kamu hanya perlu “copy-paste” dan dapat menyelesaikan tugas dengan cepat.
Tapi bagi seorang mahasiswa, plagiarisme adalah hal yang memalukan, masa dapet tittle mahasiswa tapi masih plagiat? Hehe.

Nah berikut ini saya akan berbagi tips bagaimana cara menyelesaikan tugas dengan cepat tanpa harus mempemalukan dirimu dengan plagiat. Yuk simak tipsnya!
Sumber Gambar : bagassantoso17.blogspot.com

1st. Bikin outline  dari tugas yang ingin kamu kerjakan.

Perencanaan yang baik akan membuat hasil yang baik pula. Maka dari itu, kamu perlu membuat kisi-kisi dari apa yang akan kamu tulis nantinya agar memudahkan kamu untuk membayangkan apa yang nantinya akan kamu tulis dari kisi-kisi yang telah kamu buat.

2nd. Lawan rasa malas dan jauhkan diri dari hal-hal yang membuatmu terdiktraksi.
Biasanya jika lingkungan sekitarmu ketika mengerjakan tugas terdapat benda-benda yang bisa mengalihkan fokus dan konsentrasimu, maka pupuslah sudah harapanmu untuk mengerjakan tugas dengan cepat. Maka dari itu, ketika kamu ingin mengerjakan tugas dengan cepat, lawan rasa malasmu, dna jauhi benda-benda yang akan membuatmu terdiktrasi seperti televisi dan handphone mu.

Jika kamu memerlukan sumber untuk pengerjaan tugasmu, kamu bisa membuka komputer (internet) tetapi dengan tidak tergoda dengan membuka media sosial yang kamu punya. Ingat! Tujuanmu adalah mengerjakan tugas dengan cepat tanpa plagiat.

3th. Tidak perlu mengejar kesempurnaan, bukankah kesempurnaan hanyalah milik Tuhan?
Jika tugasmu perlu dikerjakan dengan cepat, bukan berarti kamu asal dalam mengerjakannya, tapi tidak perlu juga kamu berambisi untuk mendapat hasil yang sempurna. Dengan usaha kamu dengan tidak plagiat aja itu udah bagus lho, lama-kelamaan juga akan terasah kemampuan menulsmu.

4th. Miliki target waktu untuk mengerjakan tugas agar kamu terpacu.
Jika kamu tidak memiliki waktu yang banyak untuk selalu mengerjakan tugas, maka gunakanlah waktu sempitmu sebagai pembantu, dan buat target berapa lama kamu harus menulis sekian paragraf agar kamu terpacu.

5th. Gunakan sumber yang jelas dan dapat dipercaya.
Agar tugasmu berkualitas, gunakanlah sumber-sumber yang terpercaya seperti jurnal-jurnal online dari dalam maupun luar negeri. Luar negeri? Harus translete dong? Bukannya akan semakin lama dalam mengerjakan tugas? Nah itu dia, kamu perlu membiasakan diri untuk menggunakan sumber-sumber yang memang terpercaya agar kualitas dari tulisanmu itu baik.

6th. Gunakan parafrase opini orang daripada terdapat banyak kutipan pada tulisanmu.
Agar tulisanmu tak selalu mencantumkan kutipan yang artinya kamu hanya mengcopy-paste kata-kata orang, meski dicantumkan siapa pencetusnya tetapi lebih baik kamu mencoba untuk membuat parafrase dari opini orang lain.

Kamu bisa membaca dan memahami terlebih dahulu materi yang akan kamu sampaikan dalam tulisanmu, kemudian kamu kamu temukan kata kuncinya dan tulis ulang dengan bahasamu sendiri.

Itulah beberapa tips untuk menyelesaikan tugasmu dengan cepat tanpa harus mempermalukan diri dengan plagiat. Semoga bermanfaat.

Tag : Pendidikan
0 Komentar untuk "Ingin menyelesaikan tugasmu dengan cepat tanpa harus mempermalukan diri dengan plagiat? Ini dia tipsnya!"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top