Skripsi butuh TOEFL? Lakukan hal di bawah ini untuk belajar TOEFL Ototidak yang mudah dipelajari!

Bahasa Inggris merupakan bahasa International, maka dari itu seluruh dunia harus bisa memakai Bahasa Inggris. Apalagi ketika kita ingin masuk perguruan tinggi atau mendapatkan gelar sarjana, sekarang di Indonesia pun sudah diwajibkan TOEFL bagi mahasiswa dan mahasiswi yang ingin menamatkan studinya.

TOEFL atau Test of English as a Foreign Language merupakan ujian untuk melihat kemampuan berbahasa Inggris yang seringkali diperlukan untuk mendaftar ke universitas-universitas di negara-negara di dunia.

Biasanya, ada standar minimal skor yang harus didapatkan dari mengikuti TOEFL, biasanya untuk S1 itu skornya 400 dan untu S2 sekarang ini minimal 500.

Seringkali setiap orang memerlukan les untuk mengikuti TOEFL ini, namun bagi sebagian orang mungkin merasa kurang mampu untuk mengikuti les Bahasa Inggris yang jika dilihat dari segi ekonomi memang tidaklah murah.

Tetapi jangan menyerah bagi kamu yang ingin lulus dalam TOEFL ini. Kamu bisa kok belajar secara ototidak untuk bisa lulus mengikuti TOEFL. Asalkan ada kemauan dan usaha pasti disitu ada jalan.

Nah, pada kesempatan kali ini ciamik akan berbagi tips untuk belajar TOEFL secara ototidak. Yuk simak tipsnya!

1. Luangkanlah  waktumu minimal 2 jam dalam sehari
Jika kamu seorang mahasiswa atau sedang bekerja, maka tidak ada salahnya meluangkan waktumu untuk belajar TOEFL 2 jam dalam sehari. Tidak ada hasil yang maksimal jika tidak ada usaha yang maksimal pula. Jadwalkan waktu belajarmu dengan kondisi mood yang baik entah itu pagi, siang, maupun malam hari.

Fokuslah pada kondisi belajarmu, tidak perlu memikirkan hal apapun selain TOEFL. Setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda, bagilah waktu belajarmu untuk belajar listening, structure, reading, dan writing. Kamu juga bisa melakukan evaluasi setiap satu minggu sekali dengan melakukan scoring pada hasil belajarmu selama seminggu.

2. Tingkatkan kemampuan listening dengan menonton film berbahasa inggris
Biasanya orang seringkali belajar bahasa inggris dengan mendengarkan lagu, tetapi lebih baik jika kamu belajar bahasa inggris dengan  menonton film berbahasa Inggris, terutama film Amerika. Tontonlah film yang memiliki subtitle yang double yaitu bahasa inggris dan bahasa Indonesia.

3. Latihan TOEFL online
Sekarang ini sudah banyak situs-situs di internet yang menyediakan latihan TOEFL secara online. Cobalah mempelajarinya.

4. Ketahui struktur kalimat
Untuk mendapatkan score structure yang baik, tentu saja kamu perlu mengetahui struktur dalam sebuah kalimat, mana itu object, subject, dan verbnya. Akan lebih mudah menjawab soal structure jika kita mengetahui hal tersebut.

5. Perbanyak penguasaan vocab
Soal-soal TOEFL merupakan soal yang sangat akademis, sehingga vocab yang digunakan tidaklah familiar. Cobalah untuk menerjemahkan setiap bagian atau kata yang terdapat pada soal-soal TOEFL.

6. Where does Self-discipline come
Nah, ini dia bagian terberatmu jika kamu memang sungguh-sungguh ingin belajar TOEFL. Malas, jenuh, bosan pasti akan selalu menghampiri, apalagi jika ada ajakn teman untuk mengisi waktu luang dengan hal-hal yang lebih menyenangkan.

Namun disinilah komitmenmu dipertaruhkan. Jika kamu bersungguh-sungguh, Maka kamu harus selalu mengingat tujuanmu dan menjaga komitmenmu untuk melakukan hal-hal yang disebutkan di atas.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat dan semoga berhasil!

0 Komentar untuk "Skripsi butuh TOEFL? Lakukan hal di bawah ini untuk belajar TOEFL Ototidak yang mudah dipelajari!"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top