Ini Dia Yang Perlu Kamu Siapkan Agar LULUS Ujian Nasional (UN) dengan Hasil Memuaskan

Mendapatkan nilai Ujian Nasional (UN) yang tinggi tentu menjadi impian setiap siswa.

Dengan nilai yang baik akan lebih mudah untuk masuk ke jenjang berikutnya, meskipun memang nilai bukanlah satu-satunya pengukur bahwa kamu cerdas dan nilai tinggi menjamin kesuksesan kamu.

Setidaknya itu sudah menjadi modal awal untuk kamu meraih prestasi berikutnya.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari setiap usaha adalah dengan berjuang semaksimal mungkin, karena hasil itu merupakan kumpulan dari usaha kecil yang kamu lakukan setiap hari, hasil tidak akan mengkhianati proses, bila kamu sudah berusaha semaksimal mungkin, pasti hasil yang kamu peroleh juga akan maksimal.

agar lulus UN
Tips Agar Lulus Ujian Nasional (UN)
Intinya bila nilai mu masih mengecewakan itu berarti usahamu masih perlu ditingkatkan lagi.

Ada beberapa hal yang sebaiknya kamu persiapakan untuk menghadapi UN agar nilaimu dapat maksimal. Berikut di bawah ini ulasannya. Simak ya!

1. Buka kembali buku catatanmu
Untuk materi pelajaran yang di UN kan, tidak hanya materi pada jenjang terakhir. Misalnya kamu saat ini kelas 6 SD soal-soal yang di UN kan itu tidak hanya materi kelas 6 saja, akan tetapi juga materi dari kelas 4, 5, dan 6.

Oleh karena itu penting buat kamu untuk membuka kembali catatan kamu. Selain catatan, agar referensimu makin banyak, kamu bisa mencatat materi yang kamu angga sulit agar bisa mencari dari sumber yang lain tidak hanya memanfaatkan buku catatan saja.
Baca juga: Pentingya membuat catatan kecil ketika belajar
2. Ikuti Les Tambahan
Menjelang UN biasanya dari sekolah mengadakan jam tambahan belajar. Hal ini bertujuan untuk memberikan materi tambahan, memberikan latihan-latihan soal agar pemahaman konsep siswa meningkat.

Dengan kamu mengikuti jam tambahan tentu pemahaman kamu terhadap materi akan semakin kuat, kamu semakin terampil dalam mengerjakan soal-soal yang beragam. Selain itu, waktu kamu ketika mengerjakan akan lebih cepat karena kamu sudah terbiasa dengan bentuk soal-soal tersebut.

Ikutilah jam tambahan belajar yang disediakan sekolah atau kamu bisa meminta jam tambahan/les privat di rumah atau bisa juga kamu dafatr ke lembaga-lembaga kursus (bimbel). Di lembaga-lembaga kursus biasanya ada trik-trik jitu agar kamu lebih mudah menghafal atau memahami materi.

3. Jaga Kondisimu
Kondisi yang dimaksud disini tidak hanya kondisi kesehatan jasmani, namun juga mencakup kesehatan rohani. Kesehatan rohani bisa berupa semangat, tekad, tingkat stress/ tingkat kejenuhan, itu semua harus dalam kendalimu.

Agar kamu tidak stress tentu kamu harus menyeimbangkan waktu belajar dan bermain. Selain itu kamu juga harus memiliki semangat juang agar hasilmu maksimal.

Menjaga rohani tetap sehat tentu cara paling ampuh adalah dengan mendekatkan diri kepada sang pencipta Allah SWT. Perbanyaklah berdzikir, baca quran, menjaga sholat, menjaga wudhu, dan berkumpul dengan orang-orang yang akan membuatmu menjadi lebih baik.

Selain itu tentu kesehatan jasmani kamu juga harus terjaga, oleh karena itu jangan lupa untuk rutin berolahraga, cukup istirahat, cukup mengkonsumsi air putih, makan makanan yang tidak hanya enak namun harus sehat dan bergizi baik tentunya.

Kesehatan merupakan modal utama agar kamu dapat bekerja dengan maksimal.

Itulah hal yang perlu kamu siapkan agar bisa lulus UN dengan hasil memuaskan. INGAT! Lulus saja itu tidak cukup! Harus lulus dengan hasil yang memuaskan. Berusahalah! Berusahalah! dan Berusahalah!
Tag : Pendidikan
0 Komentar untuk "Ini Dia Yang Perlu Kamu Siapkan Agar LULUS Ujian Nasional (UN) dengan Hasil Memuaskan "

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top