Bagaimana Cara untuk Meningkatkan “Writing Skill” agar Kamu Bisa Menjadi “a Great Writer”?

Ciamik.Info |  Writing Skill atau Keterampilan Menulis merupakan hal yang penting untuk dapat dilakukan oleh setiap orang. Banyak sekali profesi di dunia ini yang membutuhkan keterampilan menulis, misalnya menjadi seorang Blogger, Journalis, Script Writer, bahkan sebagai mahasiswa tingkat akhir yang sangat membutuhkan kemampuan keterampilan menulis yang baik untuk menyelesaikan skripsi.

Menulis yang baik tidak hanya sekedar bisa menuliskan apa yang ada dalam pikiranmu, tetapi kamu juga perlu mencari sumber lain yang dapat memperkuat asumsimu, selain itu kamu juga perlu memperhatikan setiap kata atau kalimat yang kamu tulis agar dapat dipertanggungjawabkan dikemudian hari.

Baiklah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips untuk meningkatkan Writing Skill bagi kamu yang ingin mengasah keterampilan menulis agar kamu bisa menjadi a Great Writer!
Writing Skill.jpg

1st, U Must Be Diligent in Reading!

Kamu harus rajin membaca! Membaca adalah hal yang paling penting dilakukan bagi kamu yang ingin meningkatkan kemampuan menulis. Dengan membaca, kamu dapat memperluas ide dan gagasan yang akan kamu tuangkan ke dalam tulisan, kamu juga dapat memperoleh berbagai informasi yang up to date, entah itu dari majalah, koran, website yang terpercaya, atau mungkin dari buku cetak yang sering kamu temukan.

Membaca dapat menopang ide-ide kreatifmu, sehingga tulisan yang kamu buat akan berkembang dan memiliki kualitas yang lebih baik. Dengan membaca pula, kamu dapat membandingkan apakah tulisan yang kamu buat sudah menggunakan kalimat yang efektif ataukah belum.

2nd, Committed and Disciplined in Writing
Kedua, kamu harus berkomitmen dan disiplin dalam menulis. Tidak ada keahlian yang mudah diraih tanpa keseriusan dalam mempelajarinya, bahkan keahlian yang telah kamu miliki pun masih harus terus diasah agar keahlianmu semakin berkembang.

Jika kamu ingin menjadi seorang penulis yang hebat, kamu harus memiliki komitmen pada diri sendiri dan disiplin dalam menuangkan ide dan gagasanmu ke dalam tulisn. Buatlah jadwal untuk kegiatan menulismu, agar kamu dapat terus menekuninya.

3rd, Use the Active Voice
Salah satu hal yang dapat membuat tulisanmu terlihat baik adalah dengan menggunakan kalimat aktif.  Menggunakan kalimat yang pasif dalam menulis sebenarnya sah-sah saja, aka nada saatnya pula dimana kamu memang harus menggunakan kalimat pasif dalam menulis, tetapi akan terlihat lebih baik jikia kamu sering menggunakan kalimat aktif dalam menulis.

4th, Develop a Style of Language
Agar menjadi penulis yang baik dan dikenal, maka kamu harus memiliki ciri khas dalam gaya bahasamu. Mungkin bagi seroang pemula ini sangat sulit untuk dilakukan, tetapi jika kamu melakukannya dengan bersungguh-sungguh dan disiplin, cepat atau lambat kamu akan menemukan gaya bahasa sendiri.

Sebelum kamu menemukannya, cobalah menggabungkan gaya bahsa orang lain dengan gaya bahasamu sendiri, ini bisa mendorong kamu untuk menjadi penulis yang kreatif, atau mungkin sebagai pemula kamu bisa menulis dengan gaya bahsa penulis favorit mu.

5th, Find a Comfortable Place to Write
Menulis merupakan hal yang membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Tempat merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi konsentrasimu dalam menulis.  Mungkin sebagian dari kamu ada yang menyukai menulis I tempat yang ramai dan ada pula yang menyukai tempat yang sunyi untuk menulis.

Temukanlah tempat ternyamanmu untuk menulis agar kamu bisa meluangkan ide dan gagasanmu dengan baik.

6th, Ask for Suggestions from Readers
Setiap kamu selesai menulis, kamu bisa meminta saran dari pembaca, bisa dari teman, saudara, atau mungkin seseorang yang sudah mahir menulis. Tanyakanlah apakah ada kekurangan dari tulisan yang kamu buat, itu akan memperbaiki kualitas tulisanmu. Jangan malu untuk bertanya, ini bisa menjadi bahan evaluasi untukmu dan dengan begitu kemampuanmu akan lebih berkembang.

7th, Confident and Optimistic
Kamu perlu percaya diri dan optimis jika membuat sebuah tulisan. Yakinkan pada dirimu bahwa kamu bisa melakukannya. Jangan ada rasa takut ataupun ragu bahwa tulisanmu jelek.  Tulisan adalah sebuah karya, namun lebih dari itu kamu juga perlu terus belajar untuk membuat tulisan yang hebat dan menarik.

Mood yang baik dapat mempengaruhi hasil karyamu, maka dari itu bawa mood yang bagus ketika kamu menulis karena tulisan merupakan cerminan dari dirimu.

8th, Join the Writer Group
Bergabung dengan grup para penulis. Nah, disini kamu bisa berbagi informasi bagaimana agar kamu bisa menjadi seorang penulis yang hebat. Disini juga bisa menjadi forum untuk kamu meminta pendapat mengenai tulisanmu.

9th, Following a Writing Class
Cara lain agar kamu bisa menjadi seorang penulis yang hebat, kamu bisa mengikuti kelas menulis. Dengan mengikuti kelas menulis akan membuatmu lebih mudah untuk mendapatkan informasi seputar the good writing skill, karena di dalam kelas menulis kamu bisa bertanya langsung kepada guru pembimbingmu.

Selain itu kamu akan memiliki banyak teman yang hobinya sama denganmu, karena biasanya orang akan lebih bersemangat jika memiliki teman dalam menyalurkan hobinya.

Oke, begitulah tips yang bisa meningkatkan kemampuan menulis agar kamu bisa menjadi seorang penulis yang hebat. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Bagaimana Cara untuk Meningkatkan “Writing Skill” agar Kamu Bisa Menjadi “a Great Writer”?"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top