Bagaimana Cara Melatih Berpikir Positif dalam Setiap Masalah?

Berpikir positif memang tidaklah mudah. Karena, terkadang jika kita mengalami suatu masalah rasa takut pasti selalu ada.

Tetapi mengapa tidak mencoba untuk berpikir positif? Berpikir positif itu lebih baik lho daripada kamu memikirkan hal-hal yang membuat hidupmu tidak tenang.

Pikiran positif.jpg

Nah berikut ini ciamik akan memberikan tips agar kita bisa melatih untuk berpikir positif dalam setiap masalah:

Luangkan waktu untuk menenangkan pikiran
Ketika suatu masalah menimpamu dan kamu merasa sangat kesal ataupun merasa ingin selalu marah dan melampiaskan kemarahanmu, maka hal yang perlu kamu lakukan adalah menjauhi orang-orang yang ada disekitarmu

Ambilah waktu luang untukmu menyendiri dan menenangkan pikiranmu agar orang-orang disekitarmu tidak mendapatkan pelampiasan kemarahanmu.

Cobalah berdiam diri dan mengosongkan pikiranmu dari masalah yang kamu hadapi, anggaplah kamu sedang me-reboot pikiranmu sendiri.

Setelah kamu berhasil melupakannya, kamu bisa mengisi kembali pikiranmu dengan sesuatu yang lebih positif.

Senantiasa Bersyukur
Jika kamu bersyukur maka itu akan memberikan pengaruh yang kuat pada cara berpikirmu.

Bersyukur tidak hanya akan membuatmu merasa menjadi lebih baik, tetapi bersyukur juga mampu menggeser pikiran-pikiran negatifmu.

Semakin kamu mensyukuri apa yang telah kamu dapatkan, maka kamu juga akan semakin tenang dalam menjalani hidupmu dan pikiranmu akan selalu positif karena tak ada rasa sesal dalam hati dan pikiranmu.

Pertimbangkan konsekuensi dari pikiran negatif
Ketika kamu meluangkan waktumu untuk mengosongkan pikiran negatifmu, kamu juga perlu mempertimbangkan konsekuensi dari pikiran negatifmu.

Apakah pikiranmu itu akan membuat masalahmu selesai? Atau akan memperburuk kondisimu?

Anggaplah hidup sebagai sebuah perjalanan dan akan selalu ada cara untuk menempuh jalan tersebut
Jika kamu menganggap hidup ini adalah sebuah perjalanan, itu bisa membantumu untuk menghilangkan pikiran negatifmu.

Dalam sebuah perjalanan pastilah kita akan mendapatkan tantangan dan rintangan, maka dari itu kamu sudah mengetahui arti dari perjalanamu, sehingga kamu tidak akan takut untuk menghadapi tantangan dan rintangan yang menghadangmu.

Selalu memulai hari dengan pikiran positif
Mulailah harimu dengan pikiran yang positif, kamu bisa melakukan hal ini dengan mengucapkan hal positif setiap kali kamu terbangun dari tidurmu.

Kamu boleh mengucapkannya secara lantang ataupun di dalam hati. Misalnya “Hari ini cerah sekali”, “hari ini aku akan merasa bahagia”.

Jangan simpan masalahmu sendiri
Jika kamu memiliki masalah yang perlu kamu selesaikan, maka janganlah kamu memendam itu sendirian.

Cobalah ceritakan masalahmu kepada orang yang dekat dan bisa kamu percayai, karena tidak baik menyimpannya sendiri.

Terkadang pikiran negatif bisa terjadi karena kamu memiliki emosi yang perlu kamu lampiaskan, tapi bukan berarti melampiaskannya dengan marah-marah sama orang lain yaaa :)

Jadilah orang yang lebih peduli pada orang lain
Menjadi orang yang peduli terhadap orang lain bisa melatih pikiran positifmu. Kamu akan merasa dirimu lebih berharga dan percaya diri.

Dengan peduli terhadap orang lain kamu bisa lebih fokus kepada apa yang telah kamu berikan, bukan apa yang telah kamu dapatkan.

Tidak masalah seberapa banyak yang telah kamu berikan  kepada orang lain, yang terpenting kepedulianmu yang tulus bisa membuatmu lebih berharga. Tapi ingat yaa, tulus! hehe

Buanglah sikap pesimis
Wah ini dia yang bisa mempengaruhi pikiran positifmu menjadi pikiran negatif. Buanglah sikap pesimismu, karena tidak ada hal yang tidak mungkin di dunia ini jika kamu tetap berusaha dan berdo’a untuk mendapatkannya.

Melakukan refleksi sebelum tidur
Cara sederhana ini juga bisa melatih pikiran positifmu loh. Sebelum tidur kamu bisa memikirkan hal-hal yang positif dan membuang pikiran negatifmu, ini akan membawamu tidur lelap dan terbangun dengan pikiran positif pula.

Nah itulah beberapa tips untuk melatih pikiran positifmu. Selamat mencoba! Semoga bermanfaat :)
Tag : Inspirasi
0 Komentar untuk "Bagaimana Cara Melatih Berpikir Positif dalam Setiap Masalah?"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top