Tips Motivasi Mahasiswa agar Selalu Semangat

Menuntut ilmu itu penting bagi setiap manusia, bahkan karena sangat pentingnya ada ayat yang menerangkan bahwa kita perlu menuntut ilmu sampai ke liang lahat. Betapa pentingnya sebuah ilmu agar kita mengetahui mana yang benar dan mana yang salah, serta mampu mengaplikasikan dan mengamalkan ilmu tersebut.

Namun, manusia juga tidak luput dari kata bosan dan malas. Apalagi jika status kita mungkin sekarang adalah sebagai mahasiswa, sudah belasan tahun kita belajar, pastilah kita merasa jenuh dan bosan untuk mendapat sebuah pembelajaran.
semangat
Sumber gambar: go-motivasi.blogspot.com
Nah, maka dari itu disini saya ingin berbagi tips bagaimana sih caranya meningkatkan motivasi sebagai seorang mahasiswa agar selalu semangat ?

1. Ingat terhadap tujuan hidupmu
Jika kamu memiliki sebuah cita-cita, tentulah kamu akan berusaha untuk menggapainya, maka ketika semangatmu sedang menurun, ingatlah bahwa ada orang yang menunggu kesuksesanmu, ingatlah bahwa usaha keras tidak akan mengkhianati hasil.

Berpikirlah ke depan, apakah kamu ingin menjadi seorang yang berguna bagi orang lain? Ataukah kamu ingin menjadi orang yang selalu tergantung dan merepotkan orang lain?

2. Jangan takut dengan persaingan
Sudah tidak aneh lagi bahwa pendidikan di Indonesia saat ini dijadikan sebagai ajang persaingan. Mungkin bagi sebagian mahasiswa yang memiliki ambius tinggi, mereka menganggap bahwa kuliah itu bersaing loh, karena di dunia perkuliahan sudah mulai individual.

Tapi jangan takut akan hal ini, jangan menjadikan dirimu seseorang yang memang ingin bersaing. Menjadi seseorang yang kompetitif bukan berarti kamu harus menjadi orang yang tidak disukai teman-temanmu. Justru memiliki teman yang bisa diajak sharing mengenai ilmu itu lebih bermanfaat.

3. Jangan terlalu mementingkan sebuah nilai
Ini dia yang sering menjadi rebutan dan perbincangan di kalangan mahasiswa. Terkadang mungkin kita seringkali mendapat nilai yang tidak sesuai dengan usaha kita. Kita merasa bahwa dosen kita tidak objektif dalam menilai.

Kesal boleh, namun jangan jadikan ini sebagai alasan untuk malas belajar yaa, karena yang malas tapi mendapat nilai yang baik mungkin dia tidak menikmati proses dan sesungguhnya dia tidak mendapatkan ilmu sama sekali. Tunjukan saja pada dunia apa yang telah kau dapatkan :)

4. Dapatkan dukungan untuk membangkitkan semangatmu
Biasanya, orang-orang terdekatlah yang selalu memberikan kita motivasi untuk terus bangkit. Entah itu keluarga, sahabat, atau pacar mungkin? Hehe.

Yaa, jadikanlah mereka sebagai tempat untuk berbagi keluh dan kesah juga bertukar pikiran. Tapi, jika kamu merasa tidak mendapatkan dukungan dari orang-orang terdekatmu, mungkin kamu bisa bergabung dengan organisasi mahasiswa di kampus yang memiliki visi yang sama denganmu. Disana kamu juga bisa menemukan motivasi untuk terus bangkit dan belajar.

Nah, itukah tips-tips untuk membangkitkan semangat belajarmu sebagai seorang mahasiswa. Ingat jugakata-kata mutiara di bawah ini untuk membangkitkan semangatmu!

Jika seseorang bepergian dengan tujuan mencari ilmu, maka Allah akan menjadikan perjalanannya seperti perjalanan menuju Surga -- Nabi Muhammad SAW

Pendidikan adalah senjata yang paling mematikan, dengan pendidikan kamu bisa mengubah dunia  -- Nelson Mandela

Jika kamu tidak mengejar apa yang kamu inginkan, maka kamu tidak akan mendapatkannya. Jika kamu tidak bertanya, maka jawabannya adalah tidak. Jika kamu tidak melangkah maju, kamu akan tetap berada di tempat yang sama -- Nora Roberts

Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemiliki masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar akan menjadi pemilik masa depan -- Mario Teguh

Pendidikan adalah tiket ke masa depan. Hari esok dimiliki oleh orang-orang yang mempersiapkan dirinya sejak hari ini -- Malcolm X
0 Komentar untuk "Tips Motivasi Mahasiswa agar Selalu Semangat"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top