Korelasi (Hubungan) antara Empat Keterampilan Berbahasa

Seperti yang kita ketahui bahwa ada empat keterampilan dalam berbahasa, yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan keterampilan menulis. Dari keempat keterampilan berbahasa tersebut sangat memiliki keterkaitan yang sangat erat dan saling mempengaruhi, meskipun pada setiap aspek keterampilan berbahasa tersebut memiliki ciri masing-masing.

Keterampilan menyimak sangatlah penting dimiliki oleh setiap orang, karena keterampilan menyimak dapat mempengaruhi keterampilan-keterampilan berbahasa yang lain seperti berbicara, membaca, dan menulis. Seseorang yang mampu menyimak dengan baik, maka orang tersebut akan mampu menyerap sebuah pengetahuan baru dengan baik pula. 
Keterampilan menyimak tidak dapat berdiri sendiri, melainkan perlu keterampilan-keterampilan bahasa lain yang mendukung, karena semua keterampilan bahasa itu saling berkaitan. Keterampilan menyimak tidak akan bisa terukur jika kita tidak menggunakan keterampilan bahasa yang lain untuk mengukurnya seperti keterampilan berbicara dan menulis. 

Kita akan bisa menilai seseorang telah menyimak dengan baik dengan cara mendengarkan respon dari penyimak, jika respon dari penyimak itu berkesinambungan dengan apa yang kita bahas, atau bahkan mampu mengulangi apa yang telah kita sampaikan entah itu melalui lisan ataupun tulisan, maka orang tersebut telah mampu mengaplikasikan keterampilan menyimak dengan baik.

Kita tidak akan bisa menulis dan memahami dengan  baik apabila kita belum bisa membaca, coba saja ketika guru menulis di papan tulis dan kita dipersilahkan untuk bertanya mengenai apa yang telah ia tulis, kita tidak akan tahu apa yang ingin kita tanyakan apabila kita saja tidak bisa membaca tulisan yang terdapat di papan tulis tersebut.

Meskipun kita dapat menulis tanpa kita bisa membaca, namun, kita tidak akan mampu memahami apa yang sedang kita tulis tersebut sehingga menjadi tidak bermakna. Begitupula dengan keterampilan berbicara, seseorang yang kemampuan menyimak, membaca dan menulisnya kurang, maka ia tidak akan tahu apa yang akan ia bicarakan ketika ditanya.

Tentulah keempat keterampilan berbahasa saling keterkaitan erat karena semuanya saling mempengaruhi, kita bisa menyimak dengan baik jika kita mampu berbicara dengan baik, karena seseorang dapat dikatakan menyimak apabila seseorang tersebut merespon apa yang telah ia lihat atau dengar.
Tag : Pendidikan
0 Komentar untuk "Korelasi (Hubungan) antara Empat Keterampilan Berbahasa"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top