Inilah Pentingnya Belajar Tambahan Bagi Siswa

Apa itu belajar tambahan? Belajar tambahan merupakan proses belajar yang dilakukan setelah proses belajar mengajar reguler di sekolah. Belajar tambahan ini dapat dilakukan oleh tutor/guru pembimbing di sekolah setelah pulang sekolah, dilakukan dengan les privat di rumah atau juga dapat dengan mengikuti proses belajar di lembaga les non formal.

Mengapa siswa harus diberikan belajar tambahan lagi? Apakah dengan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di sekolah tidak cukup? mungkin sebagaian orang akan memiliki pertanyaan demikian, maka dari itu akan diuraikan di bawah ini mengenai apa sih pentingnya belajar tambahan, apa manfaat belajar tambahan bagi siswa?
pentingnya belajar tambahan
Belajar tambahan.jpg
1. Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa
Dengan adanya belajar tambahan, beberapa materi yang dirasa masih kurang dapat diberikan pemahaman kembali oleh guru pendamping, sehingga pemahaman siswa terhadap materi tertentu akan meningkat.

2. Lebih siap menghadapi UN (Ujian Nasional)
Belajar tambahan ini biasanya dilakukan untuk mempersiapkan siswa yang akan menghadapi UN. Ketika belajar tambahan siswa akan lebih banyak berlatih variasi soal dan latihan soal-soal UN pada tahun sebelumnya sehingga siswa akan lebih siap dan menjadi lebih terbiasa dengan beragam soal ketika melaksanakan UN nanti.

3. Lebih Terampil dengan Variasi Soal
Ketika proses pembelajaran di kelas cenderung guru tidak terlalu banyak memberikan variasi soal karena sedikitnya waktu di sekolah sedangkan materi yang harus disampaikan masih banyak. Oleh karena itu penting adanya belajar tambahan bagi siswa untuk membiasakan siswa tersebut berlatih mengerjakan beragam macam soal. Ketika kesulitan mereka bisa bertanya langsung kepada tutor/guru pendamping.

4. Lulus dengan Hasil Memuaskan
Setelah mengikuti serangkain proses belajar tambahan, diharapkan tujuan dari hasil belajar meningkat sehingga siswa dapat lulus dengan nilai (NEM) yang tinggi.

5. Mengatasi Kesulitan Pada Mapel Tertentu
Pada umumnya setiap anak memiliki mata pelajaran yang disukai dan yang tidak disenangi. Ketika mereka dihadapkan dengan pelajaran yang tidak mereka sukai, maka cenderung berdampak pada hasil yang belum optimal.

Baca juga:
1.Cara Menyukai Pelajaran yang tidak disukai
2. Tips Belajar Efektif dan Menyenangkan

 Oleh karena itu, dengan adanya belajar tambahan siswa dapat berlatih perlahan untuk materi-materi yang mereka anggap sulit, sehingga dengan banyak berlatih materi tersebut akan menjadi mudah bagi siswa.

Tag : Pendidikan
0 Komentar untuk "Inilah Pentingnya Belajar Tambahan Bagi Siswa"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top