Hindari 4 Hal di Bawah Ini Ketika Anda Marah pada Anak!

Sebagai orangtua, pasti kita seringkali kesal jika anak melakukan sebuah kesalahan, wajar saja ketika kita marah dan memberitahu apa yang tidak boleh dilakukan oleh anak.

Tetapi, ada beberapa hal yang perlu orangtua perhatikan ketika memarahi anak, jangan lakukan hal-hal yang dapat membuat karakter anak menjadi buruk ketika ia mulai dewasa.
memarahi anak.jpg
memarahi anak.jpg sumber gambar: cerah.id

Hindarilah 4 hal di bawah ini ketika anda marah pada anak anda:

1. Melakukan kekerasan fisik
Memukul atau menampar anak ketika anda marah padanya bukanlah hal yang baik, justru hal tersebut akan berdampak buruk bagi perkembangan anak anda.

Kekerasan yang anda lakukan akan membuat anak tidak percaya diri, dan malah membantah bukan menuruti apa kata anda.

Hal ini juga bisa mengakibatkan anak anda menjadi seorang anak yang keras dan tidak mau kalah nantinya. Maka hindarilah melakukan kekerasan fisik pada anak ketika anda sedang marah.

2. Menggunakan bahasa kasar
Melakukan kekerasan fisik apalagi dibarengi dengan menggunakan bahasa yang kasar, ini lebih berdampak buruk lagi bagi anak. Meskipun tidak melakukan kekerasan fisik, namun berkata kasar pada anak saja tidaklah baik. Ia akan meniru sikap dan pembicaraan anda. Pastikan bahwa anda tidak menggunakan bahasa kasar ketika memarahi anak.

3. Memberikan pernyataan negatif
Setiap orangtua pasti melarang anaknya untuk melakukan hal yang berbahaya ataupun hal yang kurang baik baginya.

Namun dalam memberitahu anak untuk tidak melakukan hal tersebut hendaklah menggunakan pernyataan yang positif, hindari pernyataan negatif pada anak seperti “jangan lakukan itu!” atau mungkin “kamu sangat pemalas!”, “bodoh sekali kamu ini!”.

Kata-kata tersebut justru akan menyakiti perasaan anak , dan bisa jadi kata-katamu sebenarnya menjadi do’a bagi anak-anakmu. Lebih baik katakanlah hal yang positif seperti “jika kamu rajin belajar, pasti kamu akan menjadi anak yang cerdas”.

4. Membandingkan anak
Beberapa orangtua sering membandingkan anaknya dengan anak yang lain, ini adalah hal yang tidak baik bagi anak anda. Ia akan menjadi anak yang kurang percaya diri, karena hal tersebut akan melukai hatinya.

Hindarilah berbicara mengenai kebaikan anak lain atau temannya jangan sampai membuat mereka menjadi tidak percaya diri, cukup memberikan ia hal positif yang akan membuatnya menjadi anak yang lebih baik.

Nah, itulah 4 hal yang perlu dihindari ketika anda sedang marah. Jadilah orangtua yang mampu membangun karakter yang baik bagi anak. Semoga bermanfaat.
Tag : Anak
0 Komentar untuk "Hindari 4 Hal di Bawah Ini Ketika Anda Marah pada Anak!"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top