Gimana Sih Caranya Agar Materi Kuliah Terasa Lebih Mudah?

Dalam proses belajar dan memahami materi pada saat kuliah, tentulah tidak semua terasa mudah bagimu. Banyak faktor yang bisa membuatmu terasa begitu sulit untuk memahami sebuah materi. Mungkin karena kamu tidak konsentrasi, mengantuk, atau mungkin kamu tidak menyukai dosen yang mengampu mata kuliahmu.

Belajar yang mudah menyenangkan

Nah di bawah ini saya akan berbagi tips bagaimana sih caranya agar materi kuliahmu terasa lebih mudah?

1. Catat point penting atau Rekam
Dalam menyampaikan materi, dosen biasanya melakukannya dengan ceramah atau berbicara. Nah, sebagai mahasiswa, kamu harus pintar-pintar mencatat point-point penting materi yang disampaikan oleh dosenmu, pencatatan point penting bisa kamu tulis dengan bahasa kamu sendiri agar kamu lebih mudah memahaminya.

Untuk kamu yang lebih suka mendengarkan kembali dibandingkan membaca kemabli, kamu bisa melakukan inisiatif untuk merekam materi yang disampaikan oleh dosen atau temanmu yang sedang presentasi, dan ketika ada waktu luang untuk belajar kamu bisa lebih memahami materi kembali.

2. Enjoy dan nikmati proses belajar
Nah, dalam mempelajari materi kuliah kamu harus merasa enjoy dan menikmati setiap prosesnya. Jangan mengeluh, karena itu malah membuatmu terasa sulit untuk memahami materi. Nikmati saja prosesnya.

3. Pahami dan sukai
Jika kamu berusaha memahami materi, maka itu adalah hal yang dapat membuat materi kuliah terasa lebih mudah, apalagi jika kamu menyukainya. Hal yang membuatmu tertarik dan membuatmu menyikainya otomatis kamu akan terus mendengarkan dan berusaha memahaminya, sehingga materi terasa lebih mudah.

4. Buat catatan pertanyaan ketika ada yang tidak kamu mengerti
Kamu bisa melakukan ini pada saat dosen atau temanmu menjelaskan materi di depan kelas, jika ada hal yang kurang kamu mengerti kamu harus mencatat dan tanyakan hal tersebut, sehingga ketika dosen atau temanmi menjawab kamu juga bisa menuliskan kembali jawabannya.
Baca juga: Pentingnya membuat catatan kecil ketika belajar

5. Gunakan teknik podomoro agar kamu bisa mengembalikan konsentrasimu
Teknik podomoro ini adalah teknik yang dikembangkan oleh Francesco Cirillo di akhir tahun 80-an. Teknik ini dilakukan dengan menggunakan timer.

Penelitian menemukan bahwa konsentrasi manusia rata-rata bisa mencapai kefokusannya selama kurang lebih 25 menit. Nah dengan menggunakan teknik podomoro ini kamu bisa set alarm yang ada di handphonemu selama 25 menit untuk memahami sebuah materi, setelah 25 menit berlalu kamu bisa menyelinginya dengan hal-hal lain untuk mengembalikan konsentrasimu, misalnya dengan mendengarkan musik klasik atau sekedar membuka gadget dan media sosialmu selama kurang lebih 10 menit. Lalu kamu kembalikan lagi fokusmu pada materi kuliah.

Awalnya mungkin ini terasa sulit, bisa saja ketika kamu mengalihkan fokusmu terhadap hal lain tapi itu malah membuatmu ketagihan dengannya, tapi ingat kemabli tujuan awalmu. Terus berusaha yaaa..
0 Komentar untuk "Gimana Sih Caranya Agar Materi Kuliah Terasa Lebih Mudah? "

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top