Efektif Gak Sih Model Pembelajaran Cooperative Learning diterapkan di SD kelas rendah?

Ada yang berpendapat bahwa model pembelajaran Cooperative Learning ini hanya cocok diterapkan di SD kelas tinggi, alasannya karena model pembelajaran Cooperative Learning ini membutuhkan kerjasama antar siswa dan siswa dituntut untuk saling bertukar pikiran (berdiskusi). 

Sedangkan jika di SD kelas rendah guru mungkin berpikir bahwa siswa-siswi di SD kelas rendah belum mampu bertukar ide/gagasannya dengan baik, sehingga model pembelajaran Cooperative ini dapat dikatakan kurang efektif untuk diterapkan di SD kelas rendah. 

Sumber gambar: batrazone.blogspot.com
Tetapi, menurut saya  sebenarnya model Cooperative Learning ini juga cocok dan efektif  jika diterapkan di SD kelas rendah karena banyak sekali strategi yang menjadi bagian dari Cooperative Learning yang cocok dan efektif diterapkan di SD kelas rendah . Contohnya Model Cooperative Learning tipe Make a match, dimana siswa bekerjasama dengan kelompoknya untuk mencocokkan sebuah gagasan dengan gambar-gambar, atau Picture and Picture. 

Model pembelajaran Cooperative ini efektif diterapkan di SD kelas rendah agar siswa juga tidak merasa bosan dengan pembelajaran, mereka bisa dilatih untuk bersosialisasi dengan teman-temannya sejak dini, serta meningkatkan percaya diri kepada setiap siswa.
Tag : Pendidikan
0 Komentar untuk "Efektif Gak Sih Model Pembelajaran Cooperative Learning diterapkan di SD kelas rendah?"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top