Bagaimana standar proses pembelajaran di sekolah yang perlu seorang guru ketahui?

Sebagai seorang pendidik, tentulah kita perlu mengetahui bagaimana langkah-langkah dalam proses pembelajaran di kelas. Berikut ini saya akan berbagi informasi mengenai standar proses pembelajaran di kelas :

1. Pendahuluan
Pada proses pendahuluan, guru sebaiknya menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik. Pada proses pendhauluan ada juga proses apersepsi, yaitu guru mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.

2. Kegiatan Inti
Pada kegiatan ini, proses pembelajaran dibagi ke dalam 3 bagian yaitu :
a. Eksplorasi : pada tahap eksplorasi ini guru melibatkan peserta didik untuk mencari informasi mengenai pembelajaran yang akan dipelajari. Guru juga perlu menggunakan beragam pendekatan dan model pembelajaran yang akan digunakan pada saat mengajar.
Pada tahap eksplorasi ini ada proses terjadinya interaksi antara peserta didik, guru, dan lingkungan sekitarnya.

b. Elaborasi : Tahap kedua dalam kegiatan inti ini adalah elaborasi,. Proses elaborasi meilbatkan peserta didik dalam membaca dan menulis, guru perlu memfasilitasi peserta didik entah itu dalam pembelajaran kooperatif maupun kolaboratif dan memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis. Pada proses elaborasi ini guru juga perlu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.

Guru tidak boleh terus-menerus mengunakan metode ceramah yang hanya satu arah saja, sedangkan siswa hanya diam dan mendengarkan, melainkan guru perlu juga membuat siswa untuk berpikir dan belajar untuk memecahkan masalah.

Dalam proses elaborasi ini juga guru perlu memfasilitasi peserta didik untuk berkompetensi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajarnya. Mereka dituntu untuk saling berbagi ilmu tanpa menjatuhkan satu dengan yang lainnya. Lalu, gruu juga perlu memfasilitasi peserta didik untuk membuat laporan eksplorasi baik secara lisan maupun tulisan secara individu ataupun kelompok.

c. Konfirmasi : Tahap ketiga dari proses elaborasi yaitu tahap konfirmasi, dimana guru memberikan umpan balik positif kepada peserta didik, memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi. Pada tahap ini guru juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dipelajarinya.

3. Penutup
Pada kegiatan penutup ini siswa diminta untuk merefleksikan kembali pembeljaran dalam sebuah rangkuman atau catatan. Guru memberikan sebuah penilaian kepada siswa dan memberikan sebuah apresiasi kepada seluruh siswa atas pembelajaran yang telah dilakukan.
Setelah itu guru menyampaikan pembeljaran yang akan dipelajari berikutnya. Lalu kembali menyiapkan siswa secara psikis dan fisik.

Itulah tahapan standar proses dalam pembelajaran. Semoga bermanfaat.

Tag : Pendidikan
0 Komentar untuk "Bagaimana standar proses pembelajaran di sekolah yang perlu seorang guru ketahui?"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top