Bagaimana Cara Mendidik Anak Sejak Usia Dini Yang Paling Tepat?

Mendidik seorang anak sejak dini adalah hal yang sangat penting, karena sejak usia tersebutlah anak sudah mulai bisa membangun karakternya ketika telah dewasa. Sebagai orang tua yang baik, anda perlu mengetahui bagaimana cara mendidik anak sejak usia dini yang baik dan benar. Berikut ini saya akan membagikan tips dan trik cara mendidik anak usia dini yang paling tepat:
Sumber Gambar : madujuara.com

1. Sebagai orangtua anda harus bersikap lemah lembut dan menunjukkan kasih sayang yang tulus. Hal tersebut mutlak dilakukan oleh setiap orangtua, anda tidak boleh berlaku kasar terhadap anak anda, karena sikap anda akan ditakuti oleh anak, bukan dihormati. Bersikap lemah lembut akan membuat anak anda mendengarkan perkataan orangtuanya. Selain itu anda harus menunjukkan rasa kasih sayang anda kepada anak, misalnya dengan cara menyatakan bahwa anda sangat menyayanginya atau dengan mencium pipi dan keningnya. Itu semua bisa membuat anak nyaman bersama anda dan nantinya akan menjadi anak yang terbuka pada anda.

2.  Hindari menggunakan kata “jangan” pada anak.  Inilah yang sering dilakukan oleh kabanyakan orang tua jika melarang anaknya melakukan sesuatu. Padahal sesungguhnya kata “jangan” akan berakibat negatif dan dapat menghambat kreativitas anak. Adapun jika anda hendak melarang anak untuk melakukan sesuatu yang mungkin membahayakan, gunakanlah kata lain yang lebih positif seperti contohnya anak anda berlari, tetapi anda takut anak anda terjatuh, sebaiknya anda tidak mengatakan “jangan berlari” tapi cobalah dengan kata seperti “berjalan saja”. Sederhana, tapi ini dapat mempengaruhi pertumbuhan anak anda.

3. Jangan menakut-nakuti anak. Perbuatan ini seringkali dilakukan oleh orangtua kepada anaknya segera menurutinya, padahal hal ini akan berdampak tidak baik terhadap anak. Ketika ia dewasa ia bisa mengalami trauma atau bahkan jadi orang yang penakut.

4. Jangan memarahi anak ketika ia melakukan kesalahan.  Hal ini juga seringkali dilakukan oleh orangtua. Jika anak melakukan kesalahan alangkah lebih baiknya jika anda memberitahukan dengan lembut kepada anak anda apa yang seharusnya atau bagaimana yang baiknya.

5. Anda harus aktif membimbing anak anda. Anak pada usia dini sangat membutuhkan bimbingan dari orangtuanya. Ajarkan anak anda rasa tanggungjawab, ajarkan untuk meminta maaf jika ia melakukan kesalahan, tumbuhkan sikap menghormati dan keterbukaan pada anda. Itu adalah sebagian kecil cara anda untuk membimbing anak anda dalam afektifnya.

6. Pahami kemampuan anak anda. Jika anda ingin anak belajar dengan baik, maka anda perlu memahami kemampuan anak anda sebelum anda mengajari mereka dengan suatu hal yang baru.

7. Jadilah idola dan pendengar yang baik bagi anak. Ketika anak menginjak usia dini, ia sedang berkembang dan sedang dalam masa “cerewet-cerewetnya”. Sebagai orangtua anda tidak boleh begitu saja menghiraukan apa yang diceritakan oleh anak anda, melainkan anda harus menjadi pendengar yang baik dan merespon cerita anak anda.

Jadilah panutan atau idola anak anda dengan memberikan apapun yang terbaik bagi anak anda, sehingga selain mereka merasa nyaman karena anda menjadi pendengar yang baik, anak anda akan menyebut anda sebagai idolanya.

Itulah beberapa tips yang perlu anda lakukan untuk mendidik anak anda. Semoga bermanfaat.

Tag : Pendidikan
0 Komentar untuk "Bagaimana Cara Mendidik Anak Sejak Usia Dini Yang Paling Tepat?"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top