Bagaimana Cara Menjaga Agar Sistem Pencernaan Tetap Sehat?

Makanan memberi energi yang kita butuhkan untuk bekerja dan tumbuh. Setiap makanan yang kita konsumsi akan sangat berpengaruh kepada kesehatan sistem pencernaan, maka dari itu perlu sangat diperhatikan dengan memilah-milah makanan yang akan dikonsumsi.
makan.jpg
Sumber gambar: Health.liputan6.com
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, berikut ulasan caranya:

1. Makanlah makanan yang sehat dan mengandung banyak zat gizi. Ketika mengonsumsi makanan pastikan jangan hanya enak di mulut tapi harus juga bikin nyaman di perut, pastikan juga bahwa makanan tersebut bergizi sehingga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

2. Minumlah cukup air untuk membantu makanan menjalani seluruh proses pencernaan. Perjalanan mencerna makanan melewati rangkaian yang cukup panjang, dimulai dari makanan masuk melalui mulut kemudian ke kerongkongan masuk ke lambung. di lambung makanan mengalami pencernaan (dicampur dan di aduk-aduk) kemudian menuju usus halus. Saat dicerna di dalam usus halus, zat gizi di dalam makanan diserap ke dalam darah. Kemudian di bawa ke hati menuju usus besar, ketika mencapai usus besar hampir seluruhnya merupakan zat sisa. Saat sisa sisa makanan telah mencapai ujung usus besar maka akan berubah menjadi feses. Tubuh membuang fese melalui anus.

Mengonsumsi cukup air akan membuat seluruh organ pencernaan bekerja dengan mudah sehingga akan menyehatkan organ-organ pencernaan.

3. Makanlah banyak buah dan sayuran. Selain rasanya yang segar juga bermanfaat untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tubuh.

Semoga bermanfaat.

Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Bagaimana Cara Menjaga Agar Sistem Pencernaan Tetap Sehat?"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top