7 Tips agar Kita bisa Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Berbicara mengenai "percaya diri" setiap orang pasti pernah merasakan apa itu yang namanya "tidak PeDe" alias tidak percaya diri jika berhadapan dengan orang baru, jika berbicara di depan umum, jika memakai barang baru, maupun berada di lingkungan yang baru yang menurutmu asing dan "gak kamu banget".

Setiap kamu mencoba untuk percaya diri, pikiranmu malah berbalik menjadi rasa ketidaknyamanan. Semua orang pernah merasa tak nyaman, itulah hidup. Namun apakah kita mau bertahan dalam situasi ketidaknyamanan?

Bisa dipastikan, bahwa kamu pasti ingin dapat tampil maksimal dan merasa nyaman dalam lingkungan sekitarmu, merasa percaya diri dengan kehebatanmu. Tapi seringkali rasa tidak percaya diri itu muncul dan membuat kamu merasa minder.
percaya diri
Sumber gambar: terapiotak.com
Kamu dapat melakukan beberapa tips untuk membuatmu menjadi percaya diri. Yuk simak tips di bawah ini :

1. Berpikir positif
Say No for Negative Thinking!
Pikiran positif akan mengecoh otakmu untuk menjadi bahagia dan baik-baik saja. Kamu tak perlu berpikir soal kelemahanmu ataupun berasumsi mengenai kelemahan yang kamu miliki.

Mencoba berpikir positif juga bisa menaikkan mood-mu dan secara langsung jika mood mu baik, maka itu akan meningkatkan rasa percaya dirimu. Percaya saja dengan kemampuan yang kamu miliki, jauhi kata "tapi"dalam perspektifmu ;)

2. Menyadari kelemahanmu
Walaupun kita perlu berpikir positif dan mengabaikan kelemahamnu pada situasi tertentu, namun di sisi lain kamu juga perlu mengetahui dan menyadari kelemahanmu. Ini bisa membuatmu tahu akan hal apa yang dapat kamu lakukan dan hal apa yang tidak dapat kamu lakukan. Penting bagimu untuk mengetahui apa saja kelemahanmu. Mengapa demikian?

Mengetahui akan kelemahanmu itu berarti membuatmu berpikir untuk melakukan sesuatu yang dapat mengatasi kelemahan itu. Jika kamu tidak mengetahui kelemahanmu, bagaimana mungkin kamu bisa memperbaikinya ?

Dengan mengetahui kelemahanmu kamu juga bisa menghindari hal-hal yang dapat menjatuhkan rasa percaya dirimu :)

3. Tinggalkan kebiasaan “membandingkan”
Tak ada gunanya membandingkan dirimu dengan orang lain. Setiap manusia pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kamu adalah dirimu. Kamu bahkan mungkin bisa menjadikan kelemahanmu sebagai kelebihanmu diantara teman-temanmu yang lain.

Ingatlah: Kamu tidak memiliki kesempatan yang sama dengan orang lain, kamu juga tidak menjalani pengalaman yang sama dengan orang lain.

Dunia itu berputar, akan ada dimana saat posisimu berada dipuncak dan mencapai titik tertinggi, namun mungkin orang lain sedang berada di bawah, dititik yang rendah, ataupun sebaliknya. Ya, inilah hidup. Kamu sangat perlu belajar  bersyukur akan semua hal yang kamu miliki. Itupun akan meningkatkan percaya dirimu.

4. Tidak perlu memikirkan ekspektasi orang lain
Ketidaknyamanan yang kamu rasakan terkadang bersumber dari standar yang orang lain buat terhadapmu. Tidak seharusnya ekspektasi orang lain mempengaruhi dirimu yang sebenarnya, karena tak selamanya ekspektasi orang lain itu sejalan dengan dirimu.

Diri sendirilah yang paling tahu apa yang harus dilakukan, karena kamu sendiri yang paling mengenal dirimu sendiri. Hiraukanlah ekspektasi orang lain jika itu memang tak sejalan denganmu.

5. Persiapkan segalanya dengan baik
Ketika kamu sudah mempersiapkan sesuatu yang akan dihadapi dengan baik, maka kamu akan lebih percaya diri. Contohnya, jika kamu seorang mahasiswa dan dituntut untuk bisa public speaking, karena biasanya mahasiswa senantiasa melakukan presentasi di depan kelas.

Tentulah jika kamu mempersiapkan materi dengan baik dan benar-benar memahaminya, maka ketika kamu berbicara di depan teman-temanmu itu akan menambah rasa percaya dirimu, tak peduli ketika teman-temanmu banyak yang bertanya, jika kamu sudah mempersiapkannya dengan matang, pastilah kamu akan merasa sangat percaya diri.

Atau mungkin ketika kamu hendak pergi ke acara pesta? Jika kamu mempersiapkan penampilan terbaikmu, kamu akan merasa percaya diri dihadapan tamu-tamu undangan yang lain.

6. Arahkan percakapan ke topik yang kamu kuasai
Jika kamu pernah berada pada situasi tak nyaman dan tak aman dalam situasi sosial dan seakan kamu tidak bisa mengatakan hal apapun, ada tips sederhana untuk memperbaikinya, yaitu carilah momen untuk menghubungkan percakapan pada topik yang kamu kuasai. Sehingga kamu bisa ikut bergabung dengan percaya diri dengan teman-temanmu.

7. Be your self
Jadilah dirimu sendiri. Menjadi diri sendiri adalah modal utama untuk membangun sebuah kepercayaan diri. Jika kamu menjadi dirimu sendiri, kamu tidak akan mencoba untuk membandingkan dirimu dengan orang lain, dan kamu akan merasa enjoy dengan kepribadianmu sendiri tanpa peduli apa yang orang lain katakan

Intinya kepercayaan diri adalah kamu berani tampil dengan apa adanya dirimu, memahami akan kelebihan dan kekuranganmu tanpa peduli ekspektasi orang lain terhadapmu:)
Tag : Inspirasi
0 Komentar untuk "7 Tips agar Kita bisa Meningkatkan Rasa Percaya Diri"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top