4 Cara agar Meningkatkan Kinerja Otak dan Mudah Memahami Pelajaran di Sekolah

Tidak semua orang mampu memahami pelajaran di sekolah dengan mudah, ada yang memang ia sudah terbiasa memahami pelajaran dengan mudah, dan ada pula yang mungkin sulit memahami pelajaran di sekolah, sehingga anda menjadi tertinggal dengan teman-teman yang lain.

Perlu usaha dan cara khusus agar anda dapat dengan mudah memahami pelajaran di sekolah, selain anda harus sering membaca dan memahami kembali pelajaran di luar sekolah atau mungkin yang sering kita lakukan adalah membuat catatan penting pada setiap pelajaran, anda juga perlu melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat membuat otak anda menjadi lebih cepat dan optimal dalam menangkap sebuah pelajaran atau informasi yang anda terima. 


Sumber gambar: akuinginsukses.com
Berikut ini ada beberapa tips yang dapat anda lakukan agar kinerja otak anda bekerja lebih optimal :

1.      Minum air putih dengan cukup. Sebuah studi menemukan bahwa seharusnya setiap orang minum air putih sebanyak 8 gelas per hari. Jika kita mengabaikan hal yang satu ini justru ini dapat mengakibatkan kinerja otak menjadi kurangt optimal, dengan banyaknya aktivitas yang kita kerjakan setiap harinya, kitapun membutuhkan sesuatu yang dapat mengimbangi aktivitas tersebut. Dehidrasi (kekurangan cairan dalam tubuh) dapat mempengaruhi kinerja otak anda, jika anda kurang meminum air putih, selain anda akan sering lupa dan sulit mengingat pelajaran, banyak pula akibat buruk lainnya yang akan anda peroleh.

2.     Rutin berolahraga. Selain membuat tubuh menjadi sehat, berolahraga secara rutin selama minimal 15 menit perhari akan meningkatkan kemampuan memori otak anda untuk lebih cepat mengingat.

3.    Tidur dengan cukup. Otak manusia tidak akan mampu menerima sebuah pelajaran atau informasi secara terus-menerus, otakpun memerlukan waktu untuk beristirahat dan memulihkan kembali fungsinya. Maka dari itu anda harus memperhatikan pola tidur anda.

4.       Sarapan Pagi. Seringkali banyak yang mengabaikan aktivitas yang satu ini, mungkin karena memang tidak dibiasakan sejak kecil sehingga beberapa orang seringkali malas untuk sarapan pagi dan berpikir bahwa ketika kita tidak melakukan aktivitas ini tidak akan ada akibat yang fatal bahkan tidak akan mempengaruhi kinerja otak. Namun, tahukah anda bahwa sarapan pagi dapat meningkatkan kinerja otak, karena adanya asupan nutrisi di pagi hari. Nah, maka dari itu cobalah biasakan sarapan pagi terlebih dahulu sebelum beraktivitas yaa J

Tips-tips di atas mungkin tidak akan memberikan efek secara langsung terhadap pemahaman belajar anda, namun jika semua itu dilakukan secara rutin, maka insyaAllah akan ada manfaat yang dirasakan dikemudian hari. Selamat mencoba J
Tag : Pendidikan
0 Komentar untuk "4 Cara agar Meningkatkan Kinerja Otak dan Mudah Memahami Pelajaran di Sekolah"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top