Kamu Suka Bolos? Ini Dia Kerugiannya!

Bolos sekolah bisa disebabkan karena beberapa faktor diantaranya, karena siswa tersebut memiliki minat dan motivasi belajar yang kurang, pembelajaran guru di kelas membosankan atau kurang menarik, atau bisa juga disebabkan karena lingkungan siswa misalnya teman-temannya yang suka mengajak untuk bolos.

Yang pasti bolos sekolah merupakan tindakan yang sebaiknya tidak anda lakukan karena membolos merupakan sikap buruk/perilaku menyimpang yang tidak patut untuk dilakukan. Selain merugikan diri sendiri, juga seharusnya memikirkan orangtua yang bekerja membanting tulang untuk menyekolahkan, sedangkan anaknya yang sekolah tidak serius menjalaninya. Bila orangtua mengetahuinya, tentu mereka akan merasa sangat kecewa.

Di bawah ini akan di uraikan kerugian suka membolos, semoga bisa menjadi renungan dan pemacu semangat agar lebih semangat untuk sekolah atau menuntut ilmu.

1. Tertinggal Pelajaran
Kamu yang suka membolos tentu akan rugi ilmu, kamu akan tertinggal materi pelajaran dari teman-temanmu, apalagi jika materi tersebut merupakan materi pra syarat untuk belajar ilmu selanjutnya, jika materi pra syaratnya saja kamu tidak paham tentu kamu akan terus tertinggal karena tidak akan paham juga untuk materi selanjutnya.

2. Nilai Sekolah Jelek
Tertinggalnya materi pelajaran tentu akan berdampak pada nilai sekolah kamu jelek. Jadi bila kamu sedang punya targetan untuk meningkatkan prestasi belajar hindari perilaku membolos.

3. Rugi Materi
Sekolah itu butuh uang, dan biaya sekolah itu tidak murah, banyak orangtua berjuang banting tulang hanya untuk menyekolahkan anaknya, agar mereka menjadi anak berprestasi, bahkan memasukan mereka ke sekolah yang bagus meskipun biayanya mahal. Semua itu mereka lakukan demi anaknya agar memperoleh pendidikan yang bagus. Bisa anda bayangkan bila kalian malah membolos, tak hanya rugi materi, waktu, kamu akan membuat mereka kecewa.

4. Menyesal di kemudian hari
Menyesal memang selalu di akhir, namun sebelum kamu lebih lama lagi untuk menyesal setelah baca artikel ini, berhentilah membolos agar kamu tidak merasa rugi. Banyak orang ketika sudah terjun di dunia kerja, mereka menyesal karena tidak sungguh-sungguh ketika belajar di sekolah sehingga merasa ilmu yang mereka dapat masih sangat kurang. Atau bahkan sulit untuk memasuki perguruan tinggi favorit, atau pekerjaan-pekerjaan lainnya yang mengharuskan para pekerjanya memperoleh nilai bagus di sekolah, namun karena nilai sekolah kecil anda sulit mendapatkan pekerjaan.

5. Tidak LULUS atau Tinggal Kelas
Banyak juga yang tinggal kelas/tidak naik kelas/ tidak lulus sekolah karena sering membolos sekolah. Hal ini dikarenakan tertinggal materi, dan banyak juga nila sekolah yang kurang, atau banyak tidak mengumpulkan tugas-tugas dari guru.

Berhentilah, dan cobalah untuk menata hidup lebih baik lagi sebelum semuanya terlambat dan merasa menyesal di kemudian hari, waktu tak akan pernah bisa diulangi, kamu adalah sutradara sekaligus aktor dalam kehidupan. Cerita indah di kehidupanmu, kamu sendiri yang membuatnya.
Tag : Pendidikan
0 Komentar untuk "Kamu Suka Bolos? Ini Dia Kerugiannya!"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top