Ini dia mungkin alasan mengapa nilai sekolah kamu jelek

Mendapatkan nilai sekolah yang memuaskan tentunya menjadi keinginan semua pelajar, namun memang tak mudah bagi seorang pelajar mendapatkan nilai sekolah yang memuaskan. Bahkan sering dialami oleh pelajar yang mendapatkan nilai sekolah kurang memuaskan cenderung jelek.

Bagi kamu yang saat ini mendapatkan nilai yang kurang memuaskan mungkin beberapa alasan yang disebutkan dibawah inilah penyebabnya.

1. Kurangnya motivasi belajar
Memiliki semangat belajar yang tinggi wajib dimiliki seorang pelajar jika memang menginginkan hasil belajar yang optimal. Karena semangat belajar berpengaruh besar terhadap hasil belajar, jika seseorang memiliki motivasi belajar yang rendah maka ia cenderung malas belajar, membaca, dan berlatih mengerjakan soal tentu hal ini akan berimplikasi terhadap hasil yang ia peroleh.

2. Menurunnya konsentrasi belajar
Selain motivasi belajar, konsentrasi belajar juga sangat berpengaruh. Banyak pelajar yang mendapatkan hasil kurang memuaskan karena konsentrasi belajar menurun sehingga cenderung kurang hati-hati dalam mengerjakan soal. Atau bahkan ketika mengerjakan soal lupa akan jawaban atau bagaimana cara mengerjakan padahal siswa tersebut sudah belajar di hari sebelumnya.

3. Gaya belajar yang salah
Banyak seorang pelajar yang menginginkan hasil optimal namun salah dalam menerapkan gaya belajar. Gaya belajar yang salah yang dimaksudkan disini adalah gaya belajar SKS (Sistem Kebut Semalam). Banyak sekali pelajar yang menerapkan SKS dalam belajar, mereka baru belajar semua materi ketika esok harinya akan dilaksanakan ulangan ataupun tes formatif.

4. Stress atau cemas berlebihan
Rasa takut, cemas hingga stress sebelum melaksanakan ulangan tentu berakibat yang kurang baik. Biasanya seseorang akan menjadi banyak lupa, atau bahkan tidak bisa sama sekali mengerjakan soal mudah sekalipun ketika ia merasa takut. Bisa anda lihat ketika seorang guru yang galak meminta anda untuk maju mengerjakan soal, ketika anda takut duluan pasti anda cenderung banyak lupa hingga tidak dapat mengerjakan soal. Nah maka dari itu bagi para orangtua sebaiknya tidak menuntut anaknya untuk selalu mendapatkan hasil yang bagus bahkan memarahi 

0 Komentar untuk "Ini dia mungkin alasan mengapa nilai sekolah kamu jelek"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top