Bagaimana Cara Mengelola Kelas Agar Efektif?

Pengelolaan kelas dalam pembelajaran merupakan faktor penting yang tak bisa dilepaskan dalam kegiatan belajar mengajar. Peranan guru dalam mengelola kelas akan berpengaruh terhadap keberhasilan proses pembelajaran, sehingga guru dituntut untuk mampu mengelola kelas dengan baik.

Cara Mengelola Kelas Agar Efektif

Dalam pelaksanaannya memang tak mudah bagi guru untuk mampu mengelola kelas, keberagaman karakter siswa, keberagaman kebutuhan dan gaya belajar siswa memang merupakan hal yang tak mudah bagi guru.

Namun bukan berarti pesimis, dengan keunikan setiap individu siswa dalam suatu kelas bukan berarti kelas tersebut tidak dapat dikondisikan. Tentu setiap masalah akan selalu memiliki cara atau solusi untuk mengatasinya. Sekarang semuanya kembali kepada para pendidik apakah mereka mau terus belajar, mencari cara agar mampu menjadi guru profesional, apakah para guru akan terus kreatif dalam membuat perencanaan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan.

Berikut akan diuraikan beberapa tips yang bisa coba di implementasikan dalam pengelolaan kelas agar efektif?

1. Ice Breaking
Untuk dapat mengelola kelas guru harus kreatif membuat ice breaking, dengan adanya ice breaking siswa akan mudah dikondisikan dan tidak cepat merasa bosan dalam belajar. Ada banyak jenis ice breaking bisa dengan melakukan senam otak atau beberapa permainan sederhana seperti "tepuk satu kali, tepuk dua kali, tepuk satu jari, atau dengan permainan konsentrasi" untuk pembahasan lebih lengkap tentang ice breaking. Silahkan simak di Pentingnya Ice Breaking dalam Pembelajaran

2. Buatlah perencanaan pembelajaran
Seorang guru wajib membuat perencanaan pembelajaran, dengan adanya perencanaan guru sudah memiliki bayangan apa saja pembelajaran yang akan disampaikan hari ini, dan dapat memperkirakan kira kira apa saja masalah yang akan terjadi dalam kelas.

3. Mempersiapkan kondisi ruangan kelas yang nyaman
Kelas yang nyaman akan lebih mudah untuk dikondisikan, guru dapat memulai dengan menata tempat duduk agar pembelajaran lebih efektif. Serta tidak lupa memperhatikan kebersihan kelas.

4. Buat kesepakatan peraturan dengan siswa
Kesepakatan peraturan akan lebih mendisiplinkan siswa saat belajar. Cobalah untuk membuat reward dan punishment seperti penggunaan bintang hitam dan bintang kuning, untuk siswa yang melanggar diberikan bintang hitam dan untuk siswa yang taat mengikuti aturan, aktif dalam kegiatan pembelajaran diberikan bintang kuning, serta berikan hukuman dan penghargaan berdasarkan kesepakatan.

Itulah beberapa tips mengelola kelas agar efektif semoga bermanfaat.
Tag : Pendidikan
0 Komentar untuk "Bagaimana Cara Mengelola Kelas Agar Efektif?"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top