Tips Cepat Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus Sekolah

Mendapatkan pekerjaan sekarang-sekarang ini memang sulit, hal ini terlihat banyaknya sarjana yang menganggur. Yang menjadi alasan adalah karena kebanyakan para sarjana gengsi dengan gelar yang diraihnya, jadi kebanyakan dari mereka juga menginginkan pekerjaan yang bergengsi. Berbeda dengan yang tidak berpendidikan tinggi rela berjuang apa saja hingga pada akhirnya menjadi orang sukses.

Sebentar lagi masuk tahun ajaran baru dimana akan ada banyak orang lulus dari sekolah dan ada juga yang baru masuk sekolah. Bagi yang telah lulus dari sekolah tentunya akan ada dua pilihan. Ingin melanjutkan sekolah atau memilih untuk langsung bekerja. 2 pilihan yang sama-sama baik tentunya. Dan dua-duanya bukanlah perkara yang mudah, baik itu mendapat pekerjaan maupun masuk ke sekolah favorit sesuai yang di idam-idamkan. Untuk memasuki sekolah yang kamu mimpikan tentu juga memerlukan usaha, begitu pula untuk mendapatkan pekerjaan. Jangan pernah khawatir bagi kamu yang baru lulus, karena peluang akan selalu ada bagi mereka yang berusaha dan tidak pernah berhenti mencoba.
Cara dapat kerja setelah lulus
gambar via papasemar.com
Nah bagi anda yang memutuskan untuk langsung bekerja berikut ada beberapa tips yang bisa anda coba untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus sekolah.

1. Jaringan Komunikasi
Jaringan begitu penting bagi seseorang, maka dari itu semakin banyak teman tentu akan lebih memudahkan anda untuk mendapatkan pekerjaan, karena tentunya kamu bisa saling bertukar informasi mengenai lowongan pekerjaan yang tersedia.

2. Mengamati
Sama pentingnya dengan jaringan, mengamati atau melakukan observasi juga perlu kamu lakukan. Dengan melakukan pengamatan kamu dapat mengetahui lowongan pekerjaan yang akan kamu ambil dan dapat mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai pekerjaan tersebut. Hal ini membuat anda lebih mudah diterima bekerja.

3. Menanya
Selain mengumpulkan beberapa informasi melalui browsing atau hal lainnya, kamu juga bisa bertanya kepada sahabat-sahabatmu mengenai pengalaman mereka bekerja. Bagaimana menghadapi interview, dan yang lainnya. Ini juga dapat menambah wawasan anda.

Selain itu cobalah untuk bertanya mengenai lowongan-lowongan pekerjaan yang saat ini tersedia, kamu dapat mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai lowongan pekerjaan tersebut sebelum memilih mana loker yang ingin kamu ambil.

4. Mencoba Melamar
Jangan pernah takut untuk mencoba melamar pekerjaan, masalah diterima atau tidak itu urusan belakangan yang penting kamu sudah mencoba. Jika kamu takut mencoba maka kamu tidak akan tahu hasilnya. Cobalah untuk memasukan lamaran pekerjaan yang sesuai dengan bidangmu.

5. Bersikap Sopan
Kesopanan penting dimiliki setiap orang, sopan, ramah sebaiknya dilakukan dimanapun dan kepada siapapun.

6. Buatlah CV yang Menarik
Curriculum Vitae (CV) atau dikenal dengan Riwayat hidup. Cobalah untuk membuat CV yang menarik dan enak untuk dibaca dan dipahami.

7. Berdoa dan Mintalah di Doakan
Jangan lupa untuk berdoa baik itu ketika kamu akan melakukan sesuatu ataupun ketika kamu telah melakukan sesuatu. Selain itu mintalah di doakan baik itu oleh kedua orangtuamu, saudara atau kerabatmu.

Semoga Bermanfaat. RF


Tag : Inspirasi
0 Komentar untuk "Tips Cepat Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus Sekolah"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top