Tata Cara Berbuka Puasa yang Baik dan Benar di Bulan Ramadhan

Momen yang selalu ditunggu-tunggu setelah sehari kita berpuasa menahan lapar, haus yaitu waktu berbuka puasa. Bahkan banyak orang yang selalu melihat-lihat jam untuk mengetahui berapa jam lagi waktu menuju buka puasa. Memang bulan Ramadhan momen yang indah, karena jika di hari biasa di dalam keluarga sekalipun ada yang tidak makan bersama, di bulan Ramadhan di saat waktu berbuka tiba kita berkumpul bersama keluarga untuk menikmati menu buka puasa yang tersedia.

Berbuka puasa ada tata caranya, agar kita tidak tergesa-gesa dalam berbuka puasa atau ada istilah "balas dendam" saat buka puasa tiba. Meskipun menu berbuka puasa beragam di meja makan tetaplah perlu mengatur atau memilah-milah makanan yang akan kita konsumsi lebih dulu.
Cara Berbuka puasa yang baik dan benar
Ilustrasi sedang berbuka puasa.jpg
Berikut Tata Cara Berbuka Puasa yang Baik dan Benar di Bulan Ramadhan

Menyegerakan Berbuka
Teladan rasul kita ketika buka puasa tiba adalah menyegerakan/tidak menunda-nunda saat waktu buka puasa telah tiba.

Makan yang Manis
Awalilah buka puasa dengan menyantap yang manis seperti kurma, kolak, atau yang lainnya. Hal ini untuk mempersiapkan lambung kita terlebih dahulu sebelum di isi dengan makanan berat. Mengkonsumsi makanan yang manis akan lebih mudah dicerna oleh tubuh sekaligus untuk memulihkan energi tubuh kita. Setelah itu lanjutkan dengan minum air putih terlebih dahulu. Laksanakanlah sholat maghrib baru anda mengkonsumsi makanan berat.

Banyak Berdoa
Bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan dengan memperbanyak berdoa kepada Allah, selain itu juga berdoa agar amal ibadah puasa kita diterima Allah SWT.

Tidak Berlebihan 
Selain itu sebaiknya juga tidak berlebihan dalam berbuka puasa. Tidak balas dendam seperti yang telah disebutkan di atas. Buka puasa dengan perlahan dan menikmati setiap makanan yang tersedia sewajarnya. Berlebihan mengkonsumsi makanan akan membuat malas untuk sholat tarawih, selain itu biasanya sholat tarawih juga akan ngantuk berat karena perut terlalu kenyang.

0 Komentar untuk "Tata Cara Berbuka Puasa yang Baik dan Benar di Bulan Ramadhan"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top