Cara Menjalani Diet Sehat di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah. Di Bulan penuh berkah ini marilah kita berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan agar amal ibadah kita di lipat gandakan.

Dari terbit fajar hingga terbenam matahari kita menjalani puasa, menahan lapar, haus dan hawa nafsu. Puasa, tentu bukan alasan bagi kita untuk bisa bermalas-malasan, sehingga membuat aktivitas sehari-hari tidak seperti biasanya.

Jika kita bermalas-malasan seperti misalnya menjadi jarang berolaharaga, lebih banyak menghabiskan waktu di tempat tidur, tentu hal ini juga akan berpengaruh terhadap kondisi kesehatan, terutama bagi anda yang sedang menjalani diet, bukannya di bulan puasa berat badan menurun justru malah bisa naik drastis.
diet sehat
Gambar via www.freundin.de
Lantas bagaimana cara menjalani diet sehat di bulan Ramadhan? Berikut ulasannya.

1. Istirahat yang cukup
Istirahat merupakan faktor penting yang berpengaruh pula terhadap berat badan, karena biasanya jika seseorang kurang tidur maka pola makan pun akan menjadi tidak teratur, biasanya seseorang akan cenderung lebih banyak makan ketika kurang istirahat. Oleh karena itu cukup istirahat merupakan hal yang penting untuk diperhatikan.

2. Tidak tidur setelah sahur
Kebiasaan yang sering dilakukan adalah tidur setelah sahur, namun bila anda memang sedang menjalani diet sebaiknya hindari kebiasaan ini. Cobalah untuk mengubah atau mengganti dengan kebiasaan yang lebih bermanfaat misalnya dengan bersiap ke masjid untuk menunaikan shalat shubuh berjamaah, dilanjut dengan tadarus dan aktivitas lainnya asalkan anda tidak tidur setelah sahur.

3. Tetap beraktivitas seperti biasa
Beraktivitas seperti biasa, puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan. Bila anda biasa berolahraga, tetaplah melakukan olahraga, namun sebaiknya jika ingin berolahraga lakukanlah ketika jam sudah mendekati berbuka puasa. Misalnya melakukan lari sore pukul 17.00. Hal ini untuk mencegah bila anda haus atau mengalami dehidrasi karena berolahraga.

4. Sahur dan buka puasa sewajarnya
Jangan sampai ada istilah dendam, maksudnya adalah karena anda merasa sudah berpuasa selama sehari penuh perut terasa keroncongan waktu buka puasa tiba segala macam makanan semuanya di embat, makan makanan dalam porsi besar. Nah hal ini juga sebaiknya di hindari, selain tidak baik bagi kesehatan. Shunnah Rasul juga berbuka puasa itu sewajarnya saja tidak berlebih-lebihan.

5. Sahur dengan mengkonsumsi makanan kaya akan serat
Makanan yang kaya serat dan karbohidrat kompleks sebaiknya dikonsumsi dan menjadi menu yang sebaiknya ada dalam hidangan sahur. Selain itu manfaat dari makanan yang kaya akan serat dan karbohidrat seperti buah, sayuran, kacang, biji-bijian, beras merah, roti gandum sangat baik bagi kesehatan.

6. Konsumsi air putih secukupnya
Sebaiknya ketika sahur anda cukup mengkonsumsi air putih agar ketika menjalani puasa tubuh tidak kekurangan cairan.

7. Tidak langsung mengkonsumsi makanan berat saat berbuka
Seperti yang dilakukan rasul saat berbuka puasa adalah mengkonsumsi kurma, atau mengkonsumsi yang manis terlebih dahulu. Lalu lakukanlah shalat maghrib, sekalgus menunggu lambung siap untuk di isi makanan berat. Karena ketika buka puasa langsung di isi makanan berat akan membuat lambung kaget tentunya hal ini tidak baik bagi kesehatan pencernaan anda.

Itulah cara menjalani diet sehat di bulan Ramadhan. semoga bermanfaat, semoga tetap sehat sehingga kita dapat menjalani puasa sebulan penuh. Aamiin
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Cara Menjalani Diet Sehat di Bulan Ramadhan"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top