Bahaya Radiasi Handphone Bisa Menyebabakan Kanker? Berikut Cara Mencegahnya

Sudah begitu banyak artikel yang mengulas bahaya radiasi HP bagi kesehatan. Memang saat ini sulit sekali memisahkan antara manusia dan smartphone. Setiap hari aktivitas kita pasti selalu berinteraksi dengan handphone, dari main game, mendengarkan musik, telponan, melakukan browsing, ataupun hanya sekedar mengirim pesan. Manusia dan handphone sudah sangat sulit untuk dipisahkan. Seperti ada hal yang aneh ketika tidak menggunakan handphone walaupun ahanya beberapa menit saja.

Namun tahukah anda dari sekian banyaknya bahaya radiasi hape bagi kesehatan, salah satunya adalah radia hape bisa menyebabkan kanker? Bahkan sekarang ini ada yang menyatakan bahwa bahaya dari radiasi hape bisa juga berpengaruh pada DNA manusia.

Bahaya radiasi HP
menyalakan mode pesawat via www.pocketnow.com
Dilansir situs Boldsky ada beberapa kebiasaan yang dapat kita coba aplikasikan untuk mengurangi bahaya radiasi HP atau smartphone. Berikut ulasannya.

1. Hindari Bahaya Radiasi HP dengan Mode Pesawat
Sudah tidak asing lagi tentunya bagi anda pengguna smartphone dengan mode pesawat bukan? Jika anda menggunakan mode ini anda tidak dapat melakukan browsing karena sinyal akan mati jika anda menggunakan mode ini. Bahkan untuk melakukan kegiatan mengirim pesan atau telpon pun anda tidak akan bisa. Mode ini bisa anda jadikan solusi untuk menghindari bahaya radiasi HP. Misalnya saat dalam kondisi sibuk, saat anda sedang dalam perjalanan anda menyimpan HP pada saku/kantong, ingin tidur, mode pesawat bisa jadi alternatif bila anda tidak ingin mematikan smartphone/HP anda.
Selain itu manfaat lain dari menggunakan mode pesawat baterai smartphone anda juga lebih hemat.

2. Menggunakan Headset Saat Telpon atau Mendengarkan Musik
Menggunakan headset saat telpon atau mendengarkan musik dapat anda lakukan untuk mengurangi bahaya radiasi smartphone. Selain itu pilihlah headset yang menggunakan kabel, karena menggunakan headset bluetooth sama bahayanya dengan mendengarkan musik atau melakukan telpon dengan menempelkan langsung pada telinga.

3. Menghindari Panggilan Telpon Saat Signal Buruk
Dalam kondisi signal buruk sebaiknya anda menghindari melakukan panggilan telpon, karena dalam kondisi signal buruk ponsel akan terus mencari signal sehingga membuat radiasi HP meningkat. Dalam kondisi radiasi meningkat tentunya menempelkan HP untuk melakukan telpon akan berbahaya.

4. Hindari Terlalu Lama Melakukan Panggilan Telpon 
Jika memang tidak memerlukan panggilan telpon untuk jangka waktu lama sebaiknya anda menghindari melakukan telpon terlalu lama agar tidak terkena bahaya radiasi HP. Selain itu, waktu lama dalam menggunakan HP juga akan membuat HP panas tentu tidak baik bila menempelkannya pada telinga.

5. Hindari Menyimpan HP dalam Saku
Bila mampu menghindarinya sebaiknya tidak menyimpan HP dalam saku karena hal ini akan membuat radiasi HP langsung bersentuhan dengan tubuh kita apalagi bila HP dalam kondisi standby. Bila memang ingin menyimpan dalam saku menggunakan mode pesawat seperti penjelasan di atas bisa anda lakukan untuk mencegah radiasi HP.

6. Matikan HP Jika Tidak di Gunakan
Bila anda tidak sedang memerlukannya sebaiknya matikan HP, misalnya anda akan istirahat/tidur, sebaiknya matikan saja HP nya untuk mencegah radiasi HP. Bila sedang tidur dilarang keras menyimpan HP dalam kondisi standby didekat kepala, karena dalam jangka waktu lama ini akan berbahaya bagi tubuh anda. Mematikan HP saat anda akan tidur juga bisa juga mencegah insomnia, karena banyak orang mengalami insomnia karena terlalu asyik bermain HP.

7. Gunakan Seperlunya
Mengurangi interaksi dengan HP memang sulit dilakukan tapi bila anda dapat menguranginya itu cara terbaik untuk mengurangi bahaya dari radiasi HP

Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Bahaya Radiasi Handphone Bisa Menyebabakan Kanker? Berikut Cara Mencegahnya"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top