Anak Kos Wajib baca! Cara Hemat di Bulan Puasa Saat Dompet Menipis

Mau itu bulan puasa ataupun bulan-bulan biasa semsetinya pengeluaran tetaplah sama, justru bila di pikir-pikir seharusnya bulan puasa bisa membuat kita lebih irit bukan? bila biasanya kita makan 3 kali dalam sehari, karena kita menjalani puasa jadi hanya makan 2 kali saja dalam sehari yaitu di waktu sahur dan buka puasa. Namun, justru ada juga yang mengalami masalah di bulan puasa dalam hal pengeluaran uang. Hal ini dikarenakan, banyaknya mengikuti kegiatan buka bersama, ingin menu sahur dan buka puasa yang lebih mewah dibanding bulan-bulan biasa dan banyak lagi beberapa penyebab yang membuat pengeluaran lebih dibanding bulan-bulan biasanya.

Cara Hemat di Bulan Puasa
Buka puasa bersama anak kos.jpg
Bagi anak kos, jatah bulanan dari orangtua dapat menjadi masalah bila tak pandai-pandai dalam mengelola keuangan, bayangkan bila jatah yang seharusnya cukup untuk sampai akhir bulan tapi di pertengan bulan saja sudah habis? mau makan apa kalau sudah tidak punya uang? Nah maka dari itu, Cara hemat di bulan puasa saat dompet menipis ini wajib di simak dan anda coba aplikasikan ya!

1. Memasak Nasi Sendiri
Meskipun hanya  nasi yang bisa dengan mudahnya beli di warung dekat kosan, tapi dengan memasak nasi sendiri bisa membuatmu lebih hemat 1000-2000, apalagi saat uang di dompetmu sudah mulai menipis. Memasak nasi sendiri sangat berpengaruh sekali untuk menghemat pengeluaranmu. Saat ini masak nasi pun tidak terlalu sulit dengan adanya teknologi canggih yaitu mesin rice cooker.

2. Uji Skill Memasak 
Nah selain memasak nasi, mencoba untuk mempersiapkan hidangan sahur dan berbuka juga bisa kamu coba. Untuk sementara membeli nasi dan lauk di luar bila uangmu menipis sebaiknya di hindari. Berhemat bisa mudah dilakukan bila kamu memasak sendiri baik nasi maupun lauknya. Kamu bisa mencoba memasak yang mudah dan ringan saja seperti menceplok telur, buat goreng tempe/bakwan, atau masakan yang menurutmu simple.

3. Siapkan Stok Makanan
Di awal bulan biasanya anak kos menerima jatah bulanan dari orangtua, nah ketika uangmu masih cukup banyak belilah beberapa stok makanan secukupnya untuk berjaga-jaga ketika uangmu mulai menipis. Bila ada stok makanan ketika kamu malas keluar kosan untuk mencari makan untuk berbuka atau sahur kamu bisa memasak sendiri dari stok makanan yang tersedia. Beberapa makanan yang bisa kamu beli diantaranya, mie instan, telur, roti, dan makanan lainnya sesuai seleramu sendiri.

4. Rajin Berjamaah ke Masjid
Bulan puasa itu bula penuh berkah, biasanya beragam sekali makanan yang tersedia di masjid untuk menu berbuka puasa.  Tapi pergi ke masjid jangan sampai diniatkan untuk mencari takjil ya! hehe. Tapi tetap berniat untuk melaksanakan sholat maghrib berjamaah saja. Nah bila ada takjil yang disediakan oleh masjid boleh juga tuh untuk kamu berbuka puasa. Lumayan kan? daripada kamu harus beli takjil di luar. Bisa juga untuk berhemat kan?

5. Selektif Menghadiri Buka Bersama
Saat bulan puasa biasanya banyak sekali tawaran untuk berbuka puasa, apalagi jika kamu aktif mengikuti organisasi? buka bersama di luar tentu membutuhkan pengeluaran yang cukup besar, akan berbeda ketika kamu menyiapkan hidangan sendiri atau beli di warung nasi biasa. Untuk menghemat agar pengeluaranmu tidak jebol, selektif untuk mengikuti buka bersama bisa kamu lakukan.

Tag : Inspirasi
0 Komentar untuk "Anak Kos Wajib baca! Cara Hemat di Bulan Puasa Saat Dompet Menipis"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top