7 Cara Ampuh Menolak Ajakan Bukber Secara Halus dan Damai

Bulan Ramadhan bulan penuh berkah juga penuh dengan ajakan bukber, iya kan? iya dong? iya lah!

Ajakan bukber mulai dari teman-teman waktu di SD, teman waktu SMP, teman SMA, teman di tempat kuliah, belum lagi ajakan bukber dari organisasi baik itu organisasi waktu SMP, waktu SMA, waktu SMA, waktu kuliah, Komunitas juga, bahkan ada undangan atau ajakan bukber juga dari Karang Taruna Desa. Kebayang kan? kalau ngga bisa nolak atau ngga enak kalau mau nolak? Sedangkan kalau kamu mau terima semua ajakan bukber tersebut bagaimana kabar dengan isi dompet? Bisa bisa gaji untuk satu bulan habis dalam sekejap mata, buat beli baju lebaran saja nggak bisa? tidak mau seperti itu bukan?

Tapi bagaimana cara menolaknya agar tidak menimbulkan prasangka, menyinggung perasaan bahkan sampai sakit hati.
Cara Menolak Ajakan Buka Bersama
Maaf aku gabisa hadir guys gambar via www.ciamik.info
Berikut ada beberapa cara yang anda bisa coba pakai untuk menolak secara halus dan damai ajakan bukber.

1. Ketahui Kepribadian Orang yang Mengajakmu
Ini hal yang penting kamu ketahui sebelum kamu menolak atau menerima ajakan bukber darti temanmu, apakah orang yang mengajak tipe orang yang woles, baperan, mudah tersinggung, atau yang bagaimana? Apakah orang yang mengajakmu bukber itu teman SD, SMP, selain itu apakah mereka termasuk orang yang dekat denganmu dulu, seperti orang plaing akrab waktu di sekolah? Jika memang bukan tidak ada salahnya kamu menolak ajakan bukber mereka, toh kamu tidak terlalu terikat secara emosi, jadi meskipun kamu menolaknya mereka tidak akan mempermasalahkan kehadiranmu. Kecuali jika kamu memang orang yang paling ditunggu kehadirannya oleh mereka sudah bisa dipastikan mereka akan kesal jika kamu tidak hadir.

2. Pertimbangkan Ajakan Dahulu, Jangan Langsung Menolaknya
Hal ini juga perlu anda lakukan, jangan langsung menolak ajakan bukber dari temanmu, tapi pertimbangkan dulu. Cara ini strategi paling jitu untuk mencegah orang yang mengajakmu naik darah. Setidaknya bilang sama mereka "baik aku pertimbangkan dulu hari itu apakah sedang ada kesibukan atau tidak" Jika tidak ada pekerjaan, tugas kuliah, atau hal lain aku akan datang, tapi kalau ada pekerjaan atau hal apapun yang membuatku tidak bisa hadir berarti aku tidak akan datang". Nah ketika mendekati hari H, jangan sampai lupa beri kabar mereka apakah kamu bisa hadir atau tidak. Jika memang tidak bisa hadir, jelaskan pada mereka bahwa kamu memang ada urusan penting sehingga kamu sungguh tidak dapat meninggalkan urusan tersebut.

3. " Maaf "
Maaf kata paling utama saat menolak ajakan, jangan sampai tidak mengucapkan maaf. "Maaf aku tidak bisa hadir, sungguh karena aku ada hal lain yang memang tidak bisa aku tinggalkan mungkin di lain waktu, semoga di lain waktu aku bisa hadir dan bersilaturahmi dengan kalian". Ucapan maaf darimu setidaknya tidak akan terlalu membuat mereka kesal, ucapan maaf membuat mereka merasa di hargai. Daripada tidak ada kata "maaf" sedikitpun tiba-tiba di hari H kamu tidak ada, sedangkan kehadiran kamu mereka tunggu-tunggu. Sudah bisa dipastikan mereka marah banget sama kamu. Jadi konfirmasi kehadiran itu sangat berarti dan jangan lupa dengan kata "maaf".

4. Menolak ajakan dengan sopan
Perhatikanlah kata-kata yang akan kamu sampaikan terlebih jika kamu mengucapkannya melalui pesan. Isi pesan itu terkadang menimbulkan kesalah fahaman, hal ini karena pesan teks tidak bernada, jadi isi pesan tersebut sangat tergantung emosi atau nada orang yang membacanya. Jika sedang dalam kondisi emosi bisa saja isi pesanmu justru jadi salah. Oleh karena itu, penting sekali kamu memilih konteks kata yang tepat, baca berulang kali jika kamu menulisnya melalui SMS/pesan singkat. Atau mungkin kamu bisa menelpon untuk konfirmasi kehadiran atau menggunakan voice note.

5. Sampaikan Alasan Tidak Bisa Ikut
Menyampaikan alasan tidak bisa ikut juga perlu kamu beritahukan pada mereka, setidaknya itulah pertimbangan kamu sehingga kamu tidak bisa ikut bukber bersama mereka. Sampaikan alasan dengan jujur, karena kejujuran membuatmu nyaman dan tidak akan merasa takut. Selain itu ketika kamu berbohong dan mereka tahu kalau kamu hanya mencari-cari alasan justru mereka akan marah padamu, merasa tidak kamu hargai.

Jika memang yang menjadi alasan kamu menolak bukber, karena kondisi keuanganmu menipis sebaiknya sampaikan saja pada mereka, tidak perlu malu. Bisa saja mereka yang akan mentraktirmu makan. Jadi penting sekali untuk menyampaikan dengan jujur alasan tidak bisa ikut buka bersama pada mereka.

6. Tidak Plin-plan dengan keputusan yang kamu ambil
Ketika kamu menolak ajakan buka bersama, pastinya akan banyak sekali ucapan dari mereka untuk meyakinkanmu agar kamu ikut bukber. "Ayo dong bro ikutan, kita udah lama banget nih ngga ngumpul, kamu sombonglah sekarang, mentang-mentang udah punya teman baru, udah punya pacar baru, udah punya...bla bla blaa.." ucapan yang membuatmu merasa tidak enak jika kamu tidak menghadiri acara bukber tersebut. Tidak usah plin-plan!

Yaaaa... "yaudah deh kalau gitu aku ikutan, besok kumpul jam berapa" nah ini jangan kamu lakukan tapi tetap teguh dengan pendirianmu. "Sorry banget banget nget ngeett bro, aku bener-bener ngga bisa ikut kalau besok soalnya aku ada urusan penting banget, aku ada tugas kuliah dan harus selesai besok jadi aku harus cepet-cepet nyelesein tugas ini, takutnya nanti tidak selesai" Yaah pokoknya jangan bohong kalau kamu emang gak bisa hadir.

7.  Ajukan Hari Lain
Jika memang kamu benar-benar ingin ikut buka bersama dengan mereka tapi tidak bisa di hari tersebut, ada baiknya kamu menyampaikan hari lain dimana kamu bisa hadir di hari tersebut. Dengan begitu mereka pun akan merasa bahwa sebenarnya kamu juga ingin menghadiri bukber tersebut namun karena adanya alasan lain membuat kamu benar-benar tidak bisa ikut bukber di hari itu.

Nah bagaimana dengan tipsnya? Jika kamu memiliki cara yang lebih ampuh boleh berkomentar di kolom yang sudah tersedia di bawah. Sharing is caring! hehe.

Semoga bermanfaat bagi semua ^*_*^
0 Komentar untuk "7 Cara Ampuh Menolak Ajakan Bukber Secara Halus dan Damai"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top