5 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Pria Sebelum Menikah

Bagi pria mempersiapkan segala hal sebelum melangkah ke jenjang pernikahan adalah hal wajib. Kalimat bernada skeptis "Kamu udah siap nikah? Kamu emang udah punya apa? Main nikah, emangnya nikah cuma modal cinta" Memang bagi pria kesiapan mental maupun finansial sangat penting, apalagi pria merupakan kepala keluarga yang sekaligus akan menafkahi anak dan isteri dalam keluarga nantinya.

Oleh karena itu mempersiapkan segala sesuatunya dan mempertimbangkannya dengan matang sangat wajib dilakukan para pria sebelum menikah. Nah lantas apa saja hal yang sebaiknya dipersiapkan oleh para pria terkait ekonomi.
Menikah
Gambar via diarypernikahan.com
Berikut 5 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Pria Sebelum Menikah dilansir laman Brilio.Net

1. Makan
Makan merupakan kebutuhan primer setiap orang. Jika sebelum menikah kamu hanya memikirkan biaya makan untuk dirimu sendiri, setelah menikah kamu harus memikirkan biaya makan isterimu, ditambah jika sudah memiliki anak berarti harus juga memikirkan biaya makan anak juga. Jadi setelah menikah kamu harus mencoba memperhitungkan berapa pendapatanmu. Biaya makan memang dapat disiasati, misalnya dengan memasak sendiri dan meminta isteri untuk menyiapkan bekal makan untukmu agart tidak usah membeli makan di luar yang tentunya memerlukan biaya tidak sedikit.

2. Transportasi
Biaya transportasi berkaitan dengan tempat tinggalmu setelah menikah. Pria harus memperhitungkan jarak yang ditempuh dari tempat tinggal dan berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk sampai ke tempat bekerja.

3. Tempat Tinggal
Sama pentingnya dengan 2 kebutuhan di atas. Tempat tinggal juga merupakan kebutuhan primer, bagaimana mungkin setelah menikah kamu belum memiliki tempat tinggal. Cobalah untuk mempertimbangkannya sebelum menikah, misalnya setelah menikah ingin langsung beli rumah atau ngontrak rumah dulu? cukup tidak penghasilanmu sekarang untuk beli rumah atau untuk ngontrak rumah? Atau mungkin akan tinggal bersama orangtua terlebih dahulu? Diskusikan juga dengan calonmu agar tidak menjadi masalah setelah kamu menikah.

4. Gaya Hidup
Ya memang gaya hidup setiap orang berbeda-beda. Tentu gaya hidup akan sangat mempengaruhi finansialmu. Setelah menikah gaya hidup juga perlu diperhitungkan, karena kalau gaya hidupmu mewah selalu ingin berlebih-lebihan sedangkan penghasilan yang kamu dapat tidak cukup nanti kan repot.

Misalnya ada gadget keluaran baru ingin langsung beli, ada motor baru ingin langsung beli motor, ingin beli perabotan ini itu, repot kan?

Oleh karena itu ada baiknya untuk selektif dalam menentukan mana kebutuhan yang harus segera dipenuhi dan mana keinginan.

5. Biaya Pendidikan Anak
Setelah menikah kamu juga harus memperhatikan biaya pendidikan anak. Biaya pendidikan tentunya tidak hanya biaya untuk sekolahnya saja kan? ada biaya untuk beli sepatu, beli tas, buku, biaya transportasi anak dari rumah menuju sekolah, biaya kos jika rumahmu jauh, nah sebaiknya hal seperti ini kamu perhitungkan baik-baik.

Nah itulah yang sebaiknya dipertimbangkan dengan matang sebelum melangkah ke jenjang pernikahan, dan sebaiknya kamu persiapkan segala halnya agar sudah siap ketika menikah nanti. Jika memang sudah siap, segerakanlah menikah karena menunda-nunda hal baik itu tidak baik.

Tetap berusaha dan berdoa. Niat untuk menikah itu niat baik, jadi semoga Allah memudahkan niat baik itu. Percaya bahwa rizki itu sudah diatur kita hanya harus berusaha menjemputnya. Jangan pula takut rizki tidak cukup setelah menikah, insya Allah selalu ada jalan jika kamu terus berusaha.
Tag : Inspirasi
0 Komentar untuk "5 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Pria Sebelum Menikah"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top