Tips Ringan Persiapan Menghadapi Ujian Kenaikan Kelas

Setelah kakak kelas mereka kelas enam melaksanakan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah, selanjutnya akan disusul oleh para adik kelasnya yaitu siswa dari kelas satu sampai kelas lima yang akan menghadapi ujian kenaikan kelas. Kurang dari 1 minggu ke depan siswa kelas 1-5 akan melaksanakan ujian kenaikan kelas.

Untuk menghadapi ujian kenaikan kelas (UKK) tentu berbagai persiapan perlu dipersiapkan agar hasil yang diperoleh optimal dan tentunya orangtua akan bangga apabila anaknya memperoleh hasil yang memuaskan apalagi kalau bisa sampai menjadi juara 1 di kelas.
Baca: Tips Agar Memperoleh prestasi Belajar/Menjadi Juara 1
Mengerjakan Soal Ujian Kenaikan Kelas
Mengerjakan Soal.Jpg
Lantas Bagaimanakah persiapan dalam menghadapi ujian kenaikan kelas agar memperoleh hasil yang baik. Berikut ulasannya!

1. Bacalah Catatan Kecil/Rangkuman
Agar memudahkan anda dalam belajar dan meringankan anda membuka buku catatan adalah hal yang harus dilakukan untuk persiapan menghadapi UKK. Membaca buku paket yang lebih tebal tentu menjenuhkan anda, oleh karena itu buku catatan akan sangat meringankan beban anda.
Jangan lewatkan: Manfaat Membuat Catatan Kecil.

2. Jaga Kondisi Tubuh
Kesehatan merupakan faktor penting yang harus anda jaga sebelum menghadapi ujian kenaikan kelas. Dalam kondisi sehat maka pikiran pun akan bekerja dengan optimal, dan anda akan bisa lebih berkonsentrasi dalam mengerjakan soal jika anda dalam kondisi sehat. Maka dari itu mengatur jam istirahat, mengatur pola makan, berolahraga sangat penting dilakukan agar kondisi anda tetap sehat dan bugar.

3. Periksa Nilai dan Tugas Anda
Memerika nilai-nilai ulangan atau tugas yang belum tuntas atau yang belum masuk karena anda belum mengumpulkan tugas. Nilai raport nanti tidak hanya ada nilai UKK, akan tetapi nilai kumulatif dari Ulangan harian, tugas, PR, UTS, dan UKK itu sendiri. Oleh karena itu agar nilai anda baik alangkah pentingnya bila anda mengecek dengan menanyakan kepada guru kelas anda, apakah ada nilai anda yang belum tuntas atau ada yang belum masuk sehingga masih kosong.

4. Baca Kisi-kisi Soal
Biasanya guru akan memberikan kisi-kisi soal, cobalah untuk membaca dan memperkirakan soal yang akan keluar dari kisi-kisi yang diberikan tersebut. Ini akan membantu anda dalam belajar agar tidak keluar dari materi. Jadi anda bisa fokus belajar sesuai dengan kisi-kisi soal yang diberikan.

5. Berdoa
Berdoa merupakan hal wajib tidak hanya ketika anda akan menghadapi ujian, namun setiap saat pun harus berdoa agar apa yang anda mimpikan dapat mudah anda capai. Berdoalah agar semuanya diberikan kemudahan dalam mengerjakan soal, dan diberikan hasil terbaik.

6. Minta Restu Orangtua
Selain anda berdoa, mintalah juga dido'akan kedua orangtua anda. Ridho dan do'a orangtua akan sangat penting untuk mencapai kesuksesan dalam segala hal.

Tag : Pendidikan
0 Komentar untuk "Tips Ringan Persiapan Menghadapi Ujian Kenaikan Kelas"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top