Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan - Alhamdulillah tinggal beberapa hari lagi bulan suci Ramadhan akan segera tiba. Bulan di mana pahala di lipat gandakan, bulan penuh berkah, penuh ampunan dan penuh kebaikan, bulan dimana ada malam lailatul qadr malam dimana ibadah kita dilipat gandakan yang hampir sama dengan beribadah 1000 bulan.

Lantas untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, apa saja hal yang sebaiknya kita persiapkan agar kita tidak hanya menunggu datangnya bulan suci Ramadhan tetapi sudah benar-benar siap menyambut agar saat Ramadahan tiba kita sudah siap, dan mampu mengoptimalkan ibadah-ibadah kita dan terus berlomba-lomba dalam kebaikan di bulan suci Ramadhan.

Persiapan menyambut ramadhan
Ramadhan.Jpg image via smeaker
Berikut yang mesti kita persiapkan untuk menyambut bulan suci Ramadhan

1. Kajian Ilmu Mengenai Ramadhan
Beribadah orang yang berilmu dengan yang tanpa mengetahui ilmunya tentu pahalanya akan berbeda. Agar ibadah yang kita di bulan Ramadhan optimal, dan tidak menjadi sia-sia karena dikerjakan tanpa ilmu, maka belajar atau mengkaji ilmu seputar bulan Ramadhan akan sangat penting. Dalam menyambut bulan Ramadhan alangkah lebih baiknya kita banyak mengkaji ilmu tentang Ramadhan, seperti keutamaan bulan Ramadhan, ilmu tentang puasa, ilmu tentang tarawih, ilmu amalan-amalan shunah, ilmu tentang zakat fitri, dsb.

2. Memperbanyak Puasa Shunnah
Agar jasmani kita tidak kaget saat menjalani puasa di bulan ramadhan, ada baiknya kita sudah membiasakan puasa dengan menunaikan ibadah puasa shunnah.

3. Perbanyak Menunaikan Sholat Shunnah
Agar terbiasa saat bulan Ramadhan nanti sekaligus untuk meningkatkan amal ibadah kita memperbanyak sholat shunnah harus kita biasakan dari sekarang.

4. Rencanakan Target di Bulan Ramadhan
Target di bulan ramadhan akan membuat kita untuk selalu terpacu. Rencanakanlah target kita di bulan ramadhan misalnya membaca Al Quran 1 hari 1 juzz jadi satu bulan suci bisa khatam 1 Qur'an, memperbanyak dzikir, dan sholat shunnah, dsb.

5. Persiapkan Harta Serta Fisik
Harta juga harus kita persiapkan untuk menyambut bulan ramadhan, harta bisa digunakan untuk bersedekah, karena melakukan ibadah di bulan ramadhan pahalanya akan berlipat-lipat. Selain harta fisik prima juga harus dipersiapkan agar kita bisa menjalankan puasa Ramadhan dengan semangat, karena tentunya jika kondisi kita tidak prima atau bahkan sakit kita pastinya tidak akan mampu menjalankan puasa ataupun ibadah lainnya dengan optimal, akan sangat di sayangkan bukan?

Itulah 5 hal penting persiapan menyambut bulan suci Ramadhan. Semoga ramadhan ini membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik, Ya Allah berkatilah kami pada bulan Rajab dan Sya'ban dan sampaikanlah kami ke bulan Ramadhan. Amiin

Tag : Religius
1 Komentar untuk "Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan"

Mari menangkan ramadhan untuk berbagi kebaikan terhadap sesama

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top