Kriteria Makanan Yang Sehat di Konsumsi

Makanan yang kita konsumsi berpengaruh besar bagi kesehatan, karena itu memilah-milah asupakan makananan yang akan di konsumsi sangat perlu dilakukan untuk kesehatan. Orang yang terbiasa menjaga asupan makanan akan lebih sehat hingga masa tua, dibandingkan dengan orang yang terbiasa sembarang mengkonsumsi makanan.

Simak juga: Bahaya Jajan Sembarangan.

Untuk memiliki tubuh yang sehat sebenarnya sangat mudah dan ringan, namun banyak orang yang sering mengabaikannya karena malas ataupun tergoda oleh sajian yang menarik. Seperti olahraga banyak orang mengetahui pentingnya olahraga namun malas melakukannya. Begitu pula dengan pentingnya menjaga makanan atau selektif dalam mengkonsumsi makanan, namun sajian menarik membuat seseorang tergoda untuk mencicipi makanan tersebut.

makanan sehat
Sumber gambar: Was-was.com
Nah bagi anda yang ingin mengetahui kriteria makanan yang sehat di konsumsi, berikut ulasannya.

1. Bukan Cuma Enak
Jika mengkonsumsi makanan jangan hanya memikirkan nikmat di lidah saja, tapi coba pikirkan juga apakah makanan tersebut baik untuk kesehatan anda. Pertimbangkan juga kandungan nutrisi apa yang kamu dapat dengan mengkonsumsi makanan tersebut.

2. Jangan Asal Kenyang
Biasanya seseorang lebih memilih untuk banyak nasi daripada lauknya, padahal menu seimbang justru akan lebih baik untuk kesehatan tubuh. Nasi mengandung karbohidrat. Karbohidrat memang dibutuhkan tubuh untuk menjadi energi/tenaga. Tapi ingat porsi berlebihan juga berdampak buruk bagi kesehatan. Karbohidrat berlebih akan meningkatkan kadar gula dalam darah.

3. Mengkonsumsi Makanan Instan Boleh Saja
Bukan tidak boleh untuk mengkonsumsi makanan instan, asalkan kamu tetap mengatur jumlahnya sehingga tetap dalam batas wajar juga memperhatikan tanggal kadaluarsanya.

4. Jangan lupakan cukup mengkonsumsi air minum
Sesuai anjuran minum air putih 8 gelas setiap harinya. Air putih akan membantu sistem pencernaan selain banyak manfaat lain bagi kesehatan tubuh.

5. Hindari makanan yang mengandung pengawet, pewarna, atau bahan kimia lainnya
Sekarang ini memang harus berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan, oleh karena itu sebaiknya kita tidak jajan sembarangan. Karena memang dampaknya tidak akan terasa sekarang apabila kita terbiasa mengkonsusi makanan yang mengandung bahan kimia seperti pengawet dan pewarna namun akan terasa dampaknya dalam jangka panjang.

Demikian ulasan mengenai kriteria makanan yang sehat untuk di konsumsi. Semoga kita selalu diberikan kesehatan. Aamiin
Tag : Lifestyle
0 Komentar untuk "Kriteria Makanan Yang Sehat di Konsumsi"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top