Cara Agar Bisa Meraih Prestasi Belajar di Sekolah

Menjadi anak berprestasi tentu menjadi impian bahkan para orangtua pun mendambakannya. Orangtua akan bangga kepada anaknya bila banyak prestasi yang diperoleh sang anak saat menempuh pendidikan di sekolah baik itu prestasi akademik seperti memperoleh juara kelas ataupun prestasi non akademik.

Namun tentunya untuk bisa meraih prestasi bukanlah hal yang mudah, untuk meraihnya perlu usaha keras dari diri kita sendiri, karena segal sesuuatu itu perlu proses, untuk mendapatkan impian itu tidak ada yang instan.

Siswa berprestasi.jpg
Sumber Gambar: sumsel.kemenag.go.id

Bagi anda yang ingin meraih prestasi belajar di sekolah atau memperoleh juara kelas, tips ini bisa anda coba lakukan.

1. Niat
Semua berawal dari niat, jika kamu ingin menjadi seorang anak yang berprestasi niatkan pada diri anda bahwa akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa mewujudkan mimpi meraih juara kelas.

2. Cari tahu tipe belajar anda
Beragam sekali tipe belajar seseorang, ada yang nyaman ketika belajar dengan mendengarkan, ada yang harus rajin membaca dan terus mengulang ngulang dan lain sebagainya. Cari tahu tipe belajar anda, karena dengan mengetahuinya belajar anda akan menjadi efektif dan efisien.

3. Belajar tidak hanya di sekolah
Seseorang yang berprestasi pasti memiliki sesuatu cara yang berbeda dari yang tidak berprestasi. Misallnya dalam hal belajar, orang yang tidak berprestasi mungkin saja hanya belaja waktu di sekolah saja, tapi tidak dengan orang yang berprestasi, mereka akan belajar dimana saja. Selalu meluangkan waktu untuk belajar bisa di rumah, atau bahkan saat berkumpul bersama teman pun mereka belajar bersama.

4. Mengatur waktu dengan baik
Siswa yang berprestasi harus pandai membagi waktunya, kapan ia harus belajar, bermain, membantu orangtua, beristirahat dan lain-lain. Cobalah anda untuk mengelola waktu anda sebaik mungkin.

5. Banyak berlatih mengerjakan soal
Salah satu usaha untuk mendapatkan prestasi tentu harus banyak berlatih mengerjakan latihan latihan soal. Bisa itu karena terbiasa, saat anda membiasakan diri untuk berlatih mengerjakan soal lama kelamaan anda akan terbiasa bahkan untuk mengerjakan soal sulit sekalipun.

6. Mengerjakan tugas dari guru
Nilai raport itu tidak hanya melulu nilai UTS ataupun UAS tapi juga ada nilai tugas atau PR, oleh karena itu kerjakanlah tugas tugas terbeut sepenuh hati, selain itu mengerjakan PR juga bisa menjadi latihan anda dalam mnengerjakan soal latihan.

7. Aktif di kelas
Ingat! Aktif dalam hal positif. bukan aktif seperti lari-lari di kelas ataupun dalam hal negatif lainnya.
Aktif disini misalnya sering berdiskusi, menyimak penjelasan guru kemudian mengajukan pertanyaan terkait materi. Guru biasanya tak hanya melihat hasil belajar, namun juga menilai prosesnya.

8. Terus Semangat
Semangat belajar tentu harus terus menerus anda pelihara, kekonsistenan anda belajar merupakan hal yang utama. Belajar bukanlah seberepa lama anda membuka buku, tapi seberapa sering anda membaca dan seberapa banyak materi yang anda kuasai. Oleh karena itu semangat belajar harus selalu anda pelihara dengan baik.

9. Jaga Kesehatan Tubuh
Kesehatan tubuh anda juga merupakan faktor penting untuk menunjang prestasi, bagaimana mungkin anda bisa fokus belajar bisa semangat belajar apabila kesehatan tubuh anda tidak baik, bagaimana mungkin bisa mengerjakan soal dengan teliti dengan penuh konsentrasi bila sedang sakit. Oleh karena itu, harus pandai menjaga kesehatan tubuh, seperti cukup istirahat, rutin berolahraga, dan menjaga pola makan, serta tidak jajan sembarangan. 

10. Berdoa dan Minta Doa Restu Orangtua
Prestasi tak hanya di dapat dengan berusaha tapi juga harus berdoa. Jangan lupa untuk berdoa minta kepada Tuhan agar dimudahkan dalam mencapai mimpi anda. Selain itu janganlah lupa untuk selalu minta restu kepada kedua orangtua. Karena ridho Allah tergantung kepada ridho orangtua kita. Mintalah restu kepadanya, dan mintalah agar kita selalu di do'akan.


0 Komentar untuk "Cara Agar Bisa Meraih Prestasi Belajar di Sekolah"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top