5 Alasan Mengapa Harus Mengunyah Makanan Sampai Halus

Mengunyah makanan merupakan hal yang kita lakukan setiap hari, namun setiap orang beragam. Ada yang sebentar sekali mengunyah makanan kemudian langsung menelannya, ada yang memang benar-benar lama hingga makanan di mulut hancur kemudian baru menelannya.

Mengunyah makanan memanglah terlihat sepele namun tentunya berpengaruh pula bagi kesehatan tubuh kita.

Mengunyah makanan perlu perlahan-lahan dan lebih lama sehingga makanan di mulut hancur, barulah kemudian kita menelannya, itulah mengunyah makanan yang baik.

Mengapa harus mengunyah makanan lebih lama dan secara perlahan? Inilah manfaatnya mengunyah makanan secara perlahan dan hingga halus.

manfaat mengunyah makanan secara perlahan hingga halus.jpg
Mengunyah makanan
1. Membantu Sistem Pencernaan
Dengan mengunyah makanan hinga makanan tersebut lembut dan benar-benar hancur, sistem pencernaan kita akan lebih ringan dalam bekerja. Sehingga dengan mengunyah makanan hingga halus, seseorang akan memiliki sistem pencernaan yang sehat dibandingkan dengan seseorang yang terlihat terburu-buru atau bahkan menelan makanan yang belum benar-benar hancur. Apabila makanan yang di telan belum halus maka sistem pencernaan akan bekerja lebih keras, bila ini berlangsung lama tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan sistem pencernaan tubuh kita. Selain itu, dengan mengunyah makanan hingga halus makanan akan lebih mampu di cerna dengan baik oleh tubuh.

2. Membantu Penyerapan Nutrisi
Semua makanan yang masuk ke dalam perut tidak semuanya mampu di cerna dengan baik oleh karena itulah mengapa harus mengunyah makananan hingga halus. Sehingga memudahkan dalam mencerna makanan.

3. Membantu Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi
Dengan mengunyah makanan lebih lama juga dapat menyehatkan mulut dan gigi. Hal ini dikarenakan saat mengunyah maka akan melatih tulang dan rongga pada mulut, serta baik untuk kesehatan gigi. karena justru gigi yang jarang digunakan untuk mengunyah akan lebih mudah keropos. Selain itu, juga dapat membersihkan gigi, karena saat makanan secara perlahan dan lebih lama dikunyah maka makanan akan terkena air liur yang dapat mebersihkan gigi.

4. Mengurangi Stress
Menyantap makanan secara perlahan membuat seseorang benar benar menikmati makanannya. Sehingga dapat membuat pikiran pun lebih nyaman dan tenang. Seseorang yang menyantap makanan secara perlahan akan lebih sadar dan paham betul bagaimana rasanya, tekstur makanannya, juga berkonsetrasi pada makanannya yang di kunyah. Akan berbeda tentunya dengan seseorang yang makan dengan terburu-buru, selain mudah tersedak karena makanan juga tidak akan dapat merasakan rasa nikmat dari menyantap makanan tersebut.

5. Mencegah Benda Asing Masuk
Dengan menikmati makanan dan mengunyah hingga halus, seseorang akan tahu apabila ada benda asing yang ternyata terdapat pada makanan. Misalnya batu kecil, atau bahkan biasanya isi hekter karena bekas hekter plastik makanan. Nah dengan begitu akan lebih berhati-hati terhadap benda asing yang tak sengaja terdapat pada makanan.

Nah itulah mengapa kita dianjurkan untuk perlahan-lahan saat mengunyah dan memastikan makanan yang sedang kita konsumsi benar-benar halus. Terlihat sepele memang, tapi manfaatnya luar biasa.
Tag : Lifestyle
0 Komentar untuk "5 Alasan Mengapa Harus Mengunyah Makanan Sampai Halus"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top