Cara Ampuh Usir Rasa Kantuk Saat Mengemudi

Mengantuk saat mengemudi bisa menjadi fatal karena itu rasa kantuk wajib kita hindari demi kenyamanan dan keselamatan berkendara. Penyebab terjadinya kecelakaan di jalan raya salah satunya adalah hilangnya fokus pengemudi kendaraan karena rasa kantuk yang dialami. Rasa kantuk ini terjadi karena para pengemudi merasa kelelahan dalam mengemudikan kendaraannya atau karena kurangnya istirahat pada malam hari.

Apapun yang yang menjadi alasannya rasa kantuk wajib diatasi supaya ketika mengendarai kendaraan bisa tetap fokus dan nyaman sehingga bisa selamat sampai tujuan. Karena keselamatan di jalan raya bukan hanya diri kita sendiri namun juga keselamatan orang lain. Oleh karena itu, apabila akan melakukan perjalanan jauh harus istirahat yang cukup.

Untuk mengusir rasa kantuk ketika melakukan sebuah perjalanan panjang ada tips yang bisa anda coba lakukan. Berikut Tips Ampuh Mengusir Rasa Kantuk Saat Mengemudi dilansir dari laman Astra Wold.

Mengemudi

1. Hindari Musik Monoton
Ketika kita mengendarai kendaraan dan memutarkan musik, usahakanlah untuk memutar musik yang bervariasi jenisnya untuk mengurangi kejenuhan. Karena rasa kantuk juga bisa muncul karena rasa jenuh dalam mengemudikan kendaraan.

2. Istirahat Cukup Sebelumnya
Tentu hal ini wajib dilakukan, kurangnya waktu istirahat pada malam hari akan membuat tubuh menjadi cepat lelah sehingga rasa kantuk menjadi mudah datang. Untuk menghindarinya istirahatlah yang cukup saat akan melakukan perjalanan jauh. Istirahat yang cukup merupakan jurus jitu untuk menunda rasa kantuk dan menghindari cepat lelah saat berkendara.

3. Kacamata Hitam
Rasa kantuk juga bisa dikarenakan mata lelah terkena teriknya sinar matahari. Nah untuk menghindari hal ini dianjurkan anda menggunakan kacamata hitam saat mengemudikan kendaraan.

4. Konsumsi Air Putih
Berkendara apalagi melakukan perjalanan jauh tentu akan membuat banyak kehilangan cairan tubuh. Kekurangan caira tubuh akan membuat hilangnya konsentrasi, dan juga rasa lelah. Untuk menjaga kondisi tubuh tetap stabil cukuplah dalam mengkonsumsi air putih, Hal ini juga untuk mencegah dehidrasi saat berkendara.

5. Bergantian dengan Teman
Apabila anda tidak melakukan perjalanan sendirian, cobalah untuk menentukan jarak target dan bergantianlah jika anda di rasa sudah lelah mengemudikan kendaraan. Selain itu, jika sudah mencapai target yang telah ditentukan anda bisa berisitirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan untuk mengurangi rasa lelah dalam berkendara.

Jangan lewatkan: Tips Aman dan Nyaman Berkendara
Semoga bermanfaat.

Tag : Otomotive
0 Komentar untuk "Cara Ampuh Usir Rasa Kantuk Saat Mengemudi"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda! Komentar dengan Menyertakan Link Aktif Akan Admin Hapus
Terimakasih Sudah Berkunjung di Ciamik.Info

Back To Top